Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Darmin: Bukan Hanya Pemerintahan Jokowi yang Berutang

"Bukan pemerintahan ini saja yang bikin (utang), tapi juga (pemerintahan) sebelumnya," kata Darmin, kepada wartawan, di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (2/8/2017).

Ia meminta publik untuk tidak memandang utang dari besarannya. Melainkan dengan melihat alokasi utang tersebut. Pemerintah, lanjut dia, tengah mengutamakan alokasi utang untuk pembangunan infrastruktur. Sebab, pembangunan infrastruktur Indonesia tertinggal dibanding negara lainnya.

"Jangan karena utangnya naik, dianggap sudah masalah besar. Yang penting utang dipakai untuk menggerakkan bangun infrastruktur dan industri," kata Darmin.

Hingga Juni 2017, posisi utang pemerintah pusat sebesar Rp 3.706,52 triliun. Berdasarkan data Kementerian Keuangan, jumlah utang pemerintah tersebut terakumulasi sebesar Rp 1.097,74 triliun dibanding posisi di akhir Mei 2014 sebesar Rp 2.608,78 triliun.

Tambahan utang tersebut dialokasikan untuk belanja infrastruktur, kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial, dana alokasi khusus (DAK) fisik dan dana desa.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/01/182457626/menko-darmin--bukan-hanya-pemerintahan-jokowi-yang-berutang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke