Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsumsi Melambat, BI Tak Revisi Target Pertumbuhan Ekonomi

Angka ini sama dengan realisasi pada kuartal sebelumnya, namun lebih rendah dibandingkan jika dibandingkan periode yang sama tahun 2016 sebesar 5,18 persen (yoy).

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyebut, perbaikan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2017 tidak sekuat seperti yang diperkirakan sebelumnya. Perlambatan pertumbuhan terjadi pada konsumsi maupun ekspor.

"Konsumsi belum solid dan ekspor tumbuh lebih lambat," kata Agus di kantornya di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Namun demikian, imbuh Agus, investasi terpantau menunjukkan kinerja yang cukup baik. Perbaikan investasi salah satunya terjadi pada segmen investasi bangunan.

Meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2017 tidak sesuai dengan perkiraan, namun bank sentral meyakini pertumbuhan ekonomi masih dapat mencapai target.

Agus menyatakan, BI memasang target pertumbuhan ekonomi berkisar antara 5 sampai 5,4 persen hingga akhir tahun 2017.

Ia menuturkan, optimisme tersebut berdasarkan pada beberapa keyakinan bahwa konsumsi yang saat ini belum terlalu kuat akan mengalami penguatan. Namun, dalam banyak hal sejumlah kegiatan ekonomi yang bergeser dari kuartal II 2017 ke kuartal III 2017.

Oleh sebab itu, BI tidak mengubah targetnya terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, Agus juga menegaskan bahwa saat ini perekonomian Indonesia dalam kondisi baik.

"Kami tidak merevisi. Ekonomi Indonesia masih dalam kondisi baik," jelas Agus.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/08/09/165822326/konsumsi-melambat-bi-tak-revisi-target-pertumbuhan-ekonomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke