Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Amankan Slot Kosong Satelit Telkom 1, Menkominfo Lapor ke ITU

Pemerintah sudah melaporkan slot kosong itu kepada International Telecomunication Union (ITU) sebagai lembaga di bawah PBB yang mengurus slot orbit satelit.

“Kemarin notifikasi sudah di kirim ke ITU,” ujarnya di Kantor Telkom, Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Menurut dia, laporan itu adalah salah satu proses administrasi awal yang harus dilakukan untuk mengamankan slot kosong satelit Telkom 1 sehingga tidak ada negara lain yang mengambil slotnya. 

Menurut Menkominfo, Telkom sjdah memiliki rencana untuk meluncurkan satelit Telkom 4 sebagai pengganti Telkom 1 pada Agustus 2018 mendatang.

(Baca: M)enkominfo Santai Tanggapi Kabar Hancurnya Satelit Telkom 1

“Kami pastikan bahwa pemeritah fokus mengamankan slotya agar pada saat tahun depan nanti Telkom meluncurkan satelit penganti Telkom 1 tidak masalah dari sisi penggunaan slotnya,” kata dia.

Seperti diketahui, Satelit Telkom 1 yang sudah beroperasi lebih dari 15 tahun mengalami gangguan pada akhir Agustus 2017 lalu. Akibatnya, 11.574 site jaringan mengalami gangguan.

Site jaringan itu terdiri dari 11.574 site jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) dan 3.445 site jaringan non ATM itu adalah non ATM.

Akibatnya, ribuan ATM mengalami offline. Telkom lantas memutuskan untuk melakukan migrasi layanan pelanggan Satelit Telkom 1 menyusul terjadinya gangguan pada satelit tersebut.

(Baca: Gantikan Telkom 1, Satelit Telkom 4 Akan Diluncurkan Agustus 2018 )

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/05/180240726/amankan-slot-kosong-satelit-telkom-1-menkominfo-lapor-ke-itu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke