Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bekraf Dorong Munculnya Kota-kota Kreatif

“Badan Ekonomi Kreatif adalah badan yang paling peduli dan paling berkaitan dengan jejaring kota kreatif ini karena di kota-kota inilah simpul-simpul orang kreatif berada. Awalnya tercerai-berai tetapi melalui jejaring ini kita bekerja sama,” ujar Kepala Bekraf Triawan Munaf dalam pernyataan resmi, Kamis (7/9/2017).

Bekraf, imbuh Triawan, berusaha mendukung serta menggali potensi kreatifitas pada setiap daerah yang ada di Indonesia. Melalui pemetaan pada setiap kabupaten atau kota di Indonesia, diharapkan setiap daerah dapat memunculkan karya dan produk unggulan sehingga menjadikan kabupaten/kota itu lebih baik.

“Sejak awal jejaring kota kreatif ini didirikan, kami terus mendukung karena kota-kota kreatif ini terdiri dari berbagai kota, akademisi, praktisi, dan komunitas," ujar dia.

Konferensi tersebut dihadiri ratusan pemimpin kabupaten kota, penggiat kota kreatif Indonesia, jejaring kota kreatif dunia dan jejaring kota kreatif Asia Tenggara dan jejaring kota kreatif dunia dan jejaring kota kreatif Asia Tenggara.

Konferensi tersebut diharapkan dapat menjadi fase penguatan antar kelembagaan yang lebih lengkap dan menyeluruh sesuai tema ICCC kali ini yaitu, Creative Cities Synergies.

Tema ini diangkat sebagai ajakan bagi seluruh pemerintahan, akademisi, pelaku usaha dan komunitas kreatif untuk lebih aktif bersinergi menggerakkan kabupaten-kota kreatif di Indonesia.

Konferensi ini diikuti oleh 600 peserta konferensi yang terdiri dari 100 Pemerintah Daerah (Walikota, Bupati, BAPPEDA, Dinas Pariwisata, dan SKPD terkait kota kreatif), 150 Akademisi (Mahasiswa dan Pengajar), 200 Pelaku Usaha (Asosiasi Profesi dan Pelaku Bisnis) dan 150 Komunitas (Forum Kota Kreatif, Penggiat & Komunitas Kota).

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/07/175539826/bekraf-dorong-munculnya-kota-kota-kreatif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke