Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tarif Penerbangan Komersil Surabaya-Sumenep Dibuka Mulai Rp 263 Ribu

Maskapai yang membuka rute baru itu adalah Wings Air, milik PT Wings Abadi Airlines. Wings Air mengoperasikan pesawat jenis ATR-72 dengan kapasitas 70 penumpang.

Penerbangan pulang pergi Surabaya - Sumenep dibuka setiap hari. Dari Bandara Internasional Juanda Surabaya, pesawat take off pukul 12.45 WIB, sementara dari Bandara Trunojoyo Sumenep, pesawat terbang pukul 13.45 WIB.

Direktur Operasional PT Wings Abadi Airlines, Redi Irawan menarget load factor pesawat di rute baru itu sebesar 80 persen setiap hari.

(Baca: Bandara Trunojoyo Resmi Layani Wings Air Rute Sumenep-Surabaya)

"Pasar penumpang yang dibidik adalah para pebisnis, wisatawan hingga mahasiswa," ucapnya, Rabu (27/9/2017).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Wahid Wahyudi, menyebut Bandara Trunojoyo didesain sebagai home base bandara-bandara di kepulauan Madura yang akan dibangun dalam waktu dekat.

"Saat ini, yang masih dalam kajian adalah pembangunan bandara di Kangean dan Masalembu," jelasnya.

Di Kepulauan Madura, sendiri ada puluhan pulau kecil yang membutuhkan akses transportasi yang memadai.

(Baca: Wings Air Buka Rute Penerbangan Surabaya-Sumenep)

Adanya layanan penerbangan komersil Surabaya - Sumenep diharapkan mengawali pemerataan distribusi ekonomi di Kepulauan Madura.

Sebelum beroperasi secara komersil, penerbangan Surabaya - Sumenep bersifat perintis yang dioperatori maskapai milik PT Airfast Indonesia.

Dalam seminggu, penerbangannya sebanyak dua kali. Pesawat terbang yang digunakan jenis Twin Otter DHAC 300 berkapasitas 17 penumpang. 

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/28/080340326/tarif-penerbangan-komersil-surabaya-sumenep-dibuka-mulai-rp-263-ribu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke