Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Infrastruktur Lebih Baik, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Bisa Lebih Tinggi

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves menyatakan, keterbatasan infrastruktur sudah lama menjadi kendala utama bagi pembangunan Indonesia. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Infrastruktur yang lebih baik dan lebih terencana akan membantu Indonesia meningkatkan pertumbuhan serta pemerataan kemakmuran bagi lebih banyak masyarakatnya," kata Rodrigo di Jakarta, Selasa (3/10/2017).

(Baca: Geliat Infrastruktur, Semua Kembali untuk Rakyat!)

Meskipun alokasi anggaran untuk infrastruktur sudah lebih tinggi, sumber daya yang berasal dari publik atau pemerintah saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur.

Meskipun pertumbuhan pendapatan meningkat seperti yang diharapkan karena adanya reformasi kebijakan perpajakan yang sedang berlangsung.

Partisipasi lebih besar dari sektor swasta, tutur Chaves, sangat diperlukan. Kemitraan dengan sektor swasta penting untuk menutup kesenjangan infrastruktur dan mendorong pertumbuhan.

(Baca: Penjualan Ritel Lemah, Alasan Bank Dunia Koreksi Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi RI)

Pada kesempatan yang sama, Ekonom Utama Bank Dunia di Indonesia Frederico Gil Sander menuturkan, pemanfaatan investasi sektor swasta dapat membantu Indonesia dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur yang lebih cepat dan efisien.

"Pemerintah sudah mulai mengambil langkah-langkah untuk mengatasi situasi ini, namun reformasi yang berkelanjutan diperlukan untuk mempercepat laju investasi sektor swasta di bidang infrastruktur," ungkap Sander.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/03/183000526/infrastruktur-lebih-baik-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-bisa-lebih-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke