Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Tips Menteri Rudiantara bagi Perusahaan yang Ingin "Go Digital"

Untuk menghadapi perubahan itu, sebuah perusahaan seharusnya sigap merespons penggunaan perangkat teknologi.

Perusahaan juga harus bisa mengubah pola pikir sumber daya manusianya agar siap mengikuti arus perubahan ini.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat menjadi pembicara dalam dalam acara Shift! Digital Transformation and Talent Search yang diselenggarakan Kompas.com di The Hall Senayan City, Jakarta, Sabtu (14/10/2017).

Menurut Rudiantara, digitalisasi tidak boleh dipandang hanya membuang biaya. Sebaliknya, digitalisasi dapat berdampak kepada efisiensi dan efektivitas dalam bekerja.

"Direksi (di sebuah perusahaan) harusnya melihatnya sebagai efisiensi. Digitalisasi bukan masalah biaya komputer," kata Rudiantara.

Untuk meyakinkan direksi mengenai digitalisasi di perusahaan, ia mengatakan bahwa yang harus dipaparkan pertama kali adalah bagaimana upaya dalam peningkatan pendapatan. Pada saat yang sama, harus pula disampaikan bahwa digitalisasi dapat menurunkan biaya.

"Pasti mau kan menambah revenue (pendapatan) dan cost (berkurang)? Nah, caranya gimana? Sedikit-sedikit keluarkan (pandangan mengenai digitalisasi)," ungkap Rudiantara.

Ia berpendapat bahwa teknologi dan digitalisasi memengaruhi perubahan. Akan tetapi, perubahan sebenarnya terletak pada pola pikir.

"Kalau mindset (pola pikir) tidak berubah akan percuma, tidak membuat perubahan," jelas Rudiantara.

Shift! merupakan ajang berbagi wawasan dan informasi mengenai dunia digital oleh para praktisi dan tokoh-tokoh yang memiliki kepakaran di dunia transformasi digital.

Sejumlah tokoh sebagai pembicara dalam acara tersebut, antara lain Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Director Group of Digital Kompas Gramedia Andy Budiman, Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak, serta akademisi dan pendiri Rumah Perubahan Rhenald Kasali.

Selain itu, Shift! juga merupakan ajang talent search dan bursa kerja untuk mereka yang berminat berkarier di industri digital.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/14/163708526/ini-tips-menteri-rudiantara-bagi-perusahaan-yang-ingin-go-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke