Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Kapal Ternak Bakal Dioperasikan di Desember

Dengan begitu, terdapat 6 kapal ternak yang akan beroperasi. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, enam kapal tersebut kesemuanya akan beroperasi pada akhir tahun ini.

Budi Karya mengatakan, Kemenhub telah mengeluarkan Rp 300 miliar untuk membangun lima kapal ternak.

"Kapal ternak, ini adalah suatu inisiatif pemerintah untuk membangun keekonomian Indonesia bagian timur, dimana NTT dan NTB, merupakan daerah yang berpotensi menghasilkan sapi daerah," ujar Budi Karya di Hotel Redtop di Jakarta, Senin (16/10/2017). 

(Baca: Malam Nanti, Kapal Ternak Camara Nusantara 1 Merapat Kembali ke Tanjung Priok)

"Selain itu, kita juga punya fungsi untuk mengadakan sapi-sapi di Indonesia bagian barat, khususnya di Jakarta. Sehingga ada kapal ternak. Desember ini semuanya (enam kapal) akan beroperasi," tambah dia. 

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menuturkan, adanya kapal ternak untuk menekan disparitas harga ternak khususnya sapi antara Indonesia Timur dengan Indonesia Barat.

"Sesuai dengan arahan Presiden selain konektivitas ada disparitas harga. Oleh karenanya, membangun kapal ternak, suatu konektivitas dan juga menjadi dorongan serta tumbuh kekuatan ekonomi," jelas dia.

Kapal ternak tersebut mempunyai kapasitas pengangkutan 500 ekor sapi. Adapun rute dari kapal ternak tersebut yakni Kupang-Waingapu-Bima-Lembar-Tanjung Perak-Tanjung Emas-Cirebon-Tanjung Priok-Cirebon-Kupang. 

(Baca: Stres, Bobot Sapi dari Bima Bisa Susut 30 Persen Sampai Tujuan)

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/16/123411526/6-kapal-ternak-bakal-dioperasikan-di-desember

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke