Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III 2017 Diperkirakan Membaik

"Perkiraan perbaikan ekonomi didukung oleh ekspansi fiskal dan pelonggaran kebijakan moneter," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur BI, Kamis (19/10/2017).

Konsumsi pada kuartal III 2017 diperkirakan tumbuh. Hal ini ditopang oleh penyaluran gaji ke-13 PNS dan penyaluran bantuan sosial, serta realisasi belanja barang pemerintah yang cukup tinggi. 

Perbaikan investasi diperkirakan terus berlanjut, didukung investasi bangunan yang tumbuh cukup tinggi. Investasi nonbangunan pun membaik sebagaimana tercermin antara lain pada meningkatnya penjualan alat-alat berat untuk sektor pertambangan dan perkebunan serta meningkatnya impor mesin-mesin dan perlengkapan untuk keperluan industri pengolahan.

Sejalan dengan perbaikan ekonomi global, ekspor diperkirakan membaik terutama pada produk tambang dan perkebunan. Secara sektoral, pertumbuhan ekonomi terutama ditopang oleh sektor Perdagangan, Hotel, dan Restoran (PHR) serta sektor industri pengolahan.

"Bank Indonesia memperkirakan pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan 2017 berpotensi lebih tinggi dari perkiraan semula," ujar Agusman.

Bank sentral tetap memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar antara 5 sampai 5,4 persen pada tahun 2017. Adapun pada tahun 2018, pertumbuhan ekonomi berkisar antara 5,1 sampai 5,5 persen.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/19/221342026/pertumbuhan-ekonomi-kuartal-iii-2017-diperkirakan-membaik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke