Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelatihan Literasi Kewirausahaan Properti BTN Catatkan Rekor MURI

“Per kemarin, data kami menyebutkan sudah tercatat 11.626 peserta, dan insyaAllah hari ini tercapai kalau 12.000 peserta,” kata Manajer Senior MURI, Awang Raharjo, saat menyerahkan plakat penghargaan di Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan, Senin.

Menurut Maryono, tantangan sektor properti tak hanya pada pemenuhan kebutuhan rumah, pembiayaan, atau infrastruktur, tetapi juga soal jumlah dan kualitas pengembang perumahan. Dari sinilah, kata Maryono, BTN meluncurkan program Housing Finance Center (HFC).

HFC pada prinsipnya memiliki tiga kegiatan utama, yaitu pembelajaran, pendampingan, dan riset. Program literasi properti di kampus-kampus, sebut Maryono, merupakan salah satu di antara kegiatan dalam payung HFC tersebut.

“Selama 10 tahun terakhir, jumlah pengembang hanya bertambah 515 orang,” sebut Maryono, dengan merujuk data dari asosiasi Real Estate Indonesia (REI).

Harapannya, kehadiran para entrepreneur muda yang berkualitas di bidang properti akan turut mendorong peningkatan pasokan perumahan di Indonesia. Pada tahun ini, data kekurangan pemenuhan kebutuhan rumah (backlog) di Indonesia tercatat 11,38 juta unit.

BTN juga punya program lain seperti mini-MBA di bidang properti, bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Master Developer Indonesia (MDI). Tujuan program pun tak lain soal peningkatan kualitas para entrepreneur terkait bidang properti.

Terkait kinerja, BTN telah merealisasikan kredit senilai total Rp 50,94 triliun untuk pembiayaan 466.251 rumah per kuartal III/2017. Rinciannya, Rp 22,2 triliun untuk skema pembiayaan bersubsidi bagi 319.798 rumah dan Rp 28,74 triliun untuk skema non-subsidi buat 146.453 rumah. BTN mematok target pembiayaan bagi 666.000 rumah pada 2017.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/30/194522526/pelatihan-literasi-kewirausahaan-properti-btn-catatkan-rekor-muri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke