Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank Utama Jepang Pangkas Sepertiga Tenaga Kerja untuk Diganti Robot

Hal itu dilakukan, karena bank tersebut akan menggantikan pekerjaan manusia dengan teknologi.

Mengutip surat kabar Yomiuri menulis, pihak Mizuho mengatakan akan memangkas19.000 pekerjaan dari daftar sekarang, yang akan berdampak pada 60.000 karyawan di Jepang dan luar negeri. 

Sementara menurut surat kabar Asahi, pemangkasan tenaga kerja tersebut terjadi seiring penutupan 30 cabang Mizuho di Jepang, dari total sekitar 800 cabang yang ada.

(Baca: Di AS, 6 Juta Pekerjaan Ritel Terancam Digantikan Robot)

Saat dikonfirmasi oleh AFP, pada Senin (30/10/2017) waktu setempat, juru bicara Mizuho di Tokyo menolak berkomentar dan mengatakan bahwa perusahaan saat ini sedang membahas berbagai isu.

Sebelumnya, pada September lalu saingan Mizuho yakni UFJ Financial Group mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk mengurangi sekitar 9.500 pekerjaan, atau sekitar seperempat dari angkatan kerjanya, dalam waktu tujuh tahun.

Raksasa perbankan Sumitomo Mitsui pada Mei lalu juga mengatakan akan mengurangi 4.000 pekerja hingga Maret 2021 dan menggantinya pada teknologi atau robot.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/31/182231026/bank-utama-jepang-pangkas-sepertiga-tenaga-kerja-untuk-diganti-robot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke