Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kinerja Kuartal III Facebook Mengejutkan, Tetapi...

Dengan demikian, Earning per Share (EPS) Facebook tercatat 1,59 dollar AS per saham. Lagi-lagi jumlahnya di atas perkiraan analis, yakni 1,28 dollar AS per saham.

Namun, tiba-tiba saham Facebook jatuh 2 persen di bursa perdagangan Rabu (1/11/2017). Setelah diperdagangankan di level 185 dollar AS, kemudian turun jadi 179 dollar AS. Ada apa dengan facebook?

Seperti dikutip dari CNBC, penurunan saham Facebook terjadi setelah CFO David Wehner mengatakan bahwa biaya operasi di 2018 akan meningkat antara 45 persen hingga 60 persen.

(Baca: Mark Zuckerberg Ingin Jual 75 Juta Saham Facebook, Untuk Apa?)

Kenaikan biaya operasional tersebut dijelaskan oleh CEO Facebook sendiri, Mark Zuckerberg.

Dia mengatakan, bahwa mereka ingin memproteksi platform mereka sehingga mereka berinvestasi lebih banyak di sistem keamanan.

"Itu yang akan berdampak pada profitabilitas kami," kata dia. Menuurt dia, memproteksi Facebook dan penggunanya lebih penting ketimbang mendorong pertumbuhan laba.

Facebook sendiri menargetkan menambah 20.000 pekerja untuk memerangi berita palsu atau hoax dan ujaran kebencian (hate speech) hingga akhir tahun nanti.

Iklan Menguat

Dalam conference call yang digelar Facebook, COO Facebook Sheryl Sandberg mengatakan bahwa Facebook sekarang memiliki 6 juta pengiklan per bulan, sementara di Instagram, anak usahanya, 2 juta pengiklan per bulan.

(Baca: Sebulan, 5 Juta Perusahaan Beriklan di Facebook)

Pengguna rata-rata layanan iklan Facebook juga naik 16 persen dari tahun lalu. Margin operasional Facebook melebar hingga 50 persen dari pendapatan, sementara di tahun lalu hanya 44 persen dari pendapatan.

Laba bersih Facebook naik menjadi 4,7 miliar dollar AS dari 2,63 miliar dollar AS pada tahun lalu.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/02/180425226/kinerja-kuartal-iii-facebook-mengejutkan-tetapi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke