Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pembangunan Berkelanjutan Harus Berdayakan Ekonomi Masyarakat

KOMPAS.com - Pembangunan berkelanjutan melalui aksi nyata yang diteken para pemimpin dunia di Markas Besar PBB di New York pada 25 September 2015 memulai agenda besar bertajuk Sustainable Development Agenda 2030. Menurut informasi pada laman undp.org, salah satu yang harus diwujudkan adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Terkait dengan hal itulah, kerja sama United Nation Social Development Solution Network (UNSDSN) dengan mitranya Yayasan Upaya Damai Indonesia (United in Diversity/UID) memasuki tahun ketiga sejak 2013 melalui penyelenggaraan UID-UNSDSN Award.Pada 2013, penghargaan ini diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melalu proyek Better Road  Forward, proyek pembangunan jalan pedesaan dengan menggunakan paving block yang diproduksi masyarakat sekitar.

Lantas pada, 2014 penghargaan ini jatuh kepada komunitas Learning Farm, Cipanas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Komunitas ini melakukan pelatihan perkebunan organik untuk  pemuda  yang kurang beruntung.

Sampah

Bank Sampah Bintang Sejahtera berdiri pada Juli 2010 dengan tujuan mencari solusi untuk masalah sampah, pengembangan kewiraswastaan lokal, pemberdayaan masyarakat, dan dukungan pemerintah NTB untuk mengelola sampah dan lingkungan. Proyek ini adalah program pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Kini ada 55 unit bank sampah kelolaan organisasi ini.

Sementara itu, dua nomine pada ajang 2017 ini adalah Cokelat Krakakoa. Sampai kini, menurut laman krakakoa.com, perusahaan cokelat ini telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 160 petani di 5 desa di sekitar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Kakoa telah membangun pabrik percontohan cokelat dan memiliki 24 produk dan ritel di lebih dari 100 lokasi di seluruh Jakarta. Kakoa telah mengekspor produknya ke Singapura, Hong Kong, Swiss, dan Liechtenstein.

Nomine berikutnya adalah Mother of Light. Gerakan ini memberikan pelatihan kepada perempuan untuk menjadi wirausahawan penerangan matahari di masyarakat terpencil di seluruh Indonesia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/03/185141826/pembangunan-berkelanjutan-harus-berdayakan-ekonomi-masyarakat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke