Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat, Keuangan Syariah Tak Hanya Perbankan

Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, salah satu fokus bank sentral adalah bagaimana mempercepat pengembangan sektor keuangan syariah. Hal ini adalah salah satu rumusan yang disusun dalam ajang Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2017.

Perry menerangkan, pengembangan perbankan syariah akan terus didorong. Beberapa hal di dalamnya adalah mempersiapkan bank-bank syariah yang besar dan dalam kondisi sehat.

Namun demikian, hal yang tidak kalah pentingnya adalah sektor ekonomi dan keuangan syariah tidak hanya berkutat kepada perbankan syariah. Oleh sebab itu, bank sentral juga akan mendorong pengembangan berbagai instrumen keuangan syariah, seperti sukuk dan wakaf.

(Baca: Ekonomi Syariah, BI Bilang "Mohon Maaf Masing-masing Kerja Sendiri...")

"Mobilisasi zakat dan wakaf tidak hanya sebagai sumber pembiayaan dan pemberdayaan ekonomi, sehingga mendukung pertumbuhan dan inklusi keuangan inklusif," kata Perry dalam konferensi pers di Grand City Surabaya, Rabu (8/11/2017).

Perry mengungkapkan, perkembangan sektor ekonomi syariah tidak akan berhasil apabila hanya fokus dalam mengembangkan sektor keuangan. Pemberdayaan ekonomi juga harus didorong.

Selain perbankan, sektor-sektor keuangan syariah lainnya juga harus didorong. Ini antara lain asuransi dan lembaga keuangan mikro syariah.

"Ibaratnya seperti jangan hanya fokus memperbanyak bus-bus, tapi jumlah penumpangnya juga harus ditambah. Jangan sampai bisnya banyak, tapi penumpangnya tidak ada," jelas Perry.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/08/151634726/ingat-keuangan-syariah-tak-hanya-perbankan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke