Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Morgan Stanley: Bitcoin Bukan Investasi yang Aman

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC seperti dikutip Jumat (17/11/2017), Gorman menyatakan bitcoin bukanlah investasi yang aman. Selain itu, Gorman juga memandang investasi di bitcoin bersifat spekulatif.

"Sesuatu yang menguat 700 persen dalam setahun, ini adalah spekulatif. Jadi, siapapun yang berpikir mereka membeli sesuatu yang merupakan investasi yang stabil, mereka mengelabui diri sendiri," ungkap Gorman.

Dia menuturkan, nilai bitcoin bisa saja menguat 700 persen lagi, namun bisa juga tidak.

Sebelumnya, CEO JPMorgan Chase Jamie Dimon menyatakan bahwa jika seseorang cukup bodoh untuk membeli bitcoin, maka ia akan menerima akibatnya suatu hari nanti. Sementara itu, CEO BlackRock Larry Fink menuturkan, bitcoin adalah tindakan pencucian uang.

Kritik dari sejumlah lembaga keuangan itu tidak menghalangi penguatan bitcoin. Pada Kamis (16/11/2017) waktu AS, nilai bitcoin mencapai 7.141 dollar AS atau setara sekitar Rp 96,5 juta.

Pada awal tahun 2017 ini, nilai bitcoin berada pada level sekitar 1.000 dollar AS per token atau sekitar Rp 13,5 juta.  "Bitcoin tidak seharusnya memperoleh perhatian sebesar seperti sekarang ini," ungkap Gorman.

Tidak hanya itu, Gorman juga menyoroti reputasi bitcoin yang kerap memfasilitasi tindakan kriminal.  "Apakah itu (bitcoin) mendukung orang-orang yang mau menggunakan uang itu untuk tujuan yang salah? Tentu saja," tutur Gorman.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/17/192328926/morgan-stanley-bitcoin-bukan-investasi-yang-aman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke