Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapolri Nilai Kawasan Asia Tenggara Paling Ramah Investasi

Menurutnya, sejak dibentuk Association of South East Asia Nations (ASEAN) pada tahun 1967 lalu, tidak pernah terjadi konflik antar negara yang mengganggu iklim investasi.

"Tidak ada konflik antar negara. Ada masalah di Marawi, Filipina Selatan, ada masalah di Papua, ada masalah di Myanmar, tapi perang antarnegara tidak ada," ingkap Tito di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (20/11/2017).

Hal tersebut, lanjut Tito, menjadi berkah tersendiri bagi Indonesia dalam membangun perekonomian nasional.

"Dibandingkan dengan (negara-negara) di North East Asia, seperti konflik yang rawan ketegangan yang ada di antara negara di Korea Selatan, Taiwan, China, dan lain-lain," ungkap Mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Meski tidak menggeluti bidang ekonomi pada kabinet kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Tito mengaku optimistis dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Menurutnya, Indonesia memiliki tiga faktor yang dapat menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan perekonomian terbesar.

"Ekonomi akan selalu berhubungan dengan produksi yang ditentukan tiga hal utama, yaitu adanya populasi yang besar, karena populasi bisa menjadi angkatan kerja yang besar," ujar Tito.

Selain itu, Indonesia juga memiliki bonus demografi hingga sumber daya alam yang melimpah, dan juga luas geografis yang besar

"Indonesia memiliki tiga persyaratan yang tidak dimiliki banyak negara lain. Negara-negara yang memiliki tiga faktor lainnya, adalah India, Jepang, Brazil, dan Afrika Selatan. Itulah negara yang memiliki potensi untuk menjadi negara dominan di sektor ekonomi," papar Tito.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, Kapolri berharap pelaku usaha dapat dengan cepat bersaing ditengah persaingan global yang semakin ketat.

"Derasnya persaingan jangan dengan berlayar, kita telat, harus selancar kencang sekali. Saya harap pelaku ekonomi dan semua selancar di tengah persaingan ekonomi global," ujarnya.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/20/162557326/kapolri-nilai-kawasan-asia-tenggara-paling-ramah-investasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke