Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teknologi Baru Punya Peran dalam Ketahanan Pangan

KOMPAS.com - Teknologi baru di bidang pertanian mempunyai peranan penting dalam ketahanan pangan di Indonesia. Teknologi itu harus juga meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.

Catatan di atas mengemuka dalam diskusi yang diselenggarakan Syngenta Indonesia pada Selasa (21/11/2017) di Jakarta. "Kami melakukan riset dan inovasi di Indonesia," tutur Presiden Direktur Syngenta Indonesia Parveen Kathuria.

Riset dan inovasi menjadi perhatian Syngenta lantaran bidang itu mempunyai hubungan yang erat dengan produktivitas tanaman pangan. Parveen mengingatkan bahwa lahan pertanian di Indonesia harus diintensifkan untuk menghasilkan tanaman yang berkualitas. "Padi dan jagung misalnya," kata Parveen.

Terhadap petani kecil, kata Johannis, pihaknya menyelenggarakan program The Good Growth Plan dengan enam komitmen khusus. Tujuannya untuk mengatasi tantangan penting dunia dalam menghadapi kebutuhan pangan populasi dunia yang terus bertambah.

Enam komitmen itu, imbuh Johannis adalah membuat tanaman lebih efisien, menyelamatkan lebih banyak lahan pertanian, membantu berkembangnya keanekaragaman hayati, memberdayakan petani kecil, membantu orang tetap aman, serta melindungi setiap pekerja. (Baca: Ini Target Swasembada Berikutnya Kementerian Pertanian)

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/21/194755926/teknologi-baru-punya-peran-dalam-ketahanan-pangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke