Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erupsi Gunung Agung Tak Ganggu Persiapan Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia

Meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Agung tidak berpengaruh terhadap persiapan penyelenggaraan Pertemuan Tahunan (Annual Meeting) Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia. Pertemuan bergengsi tersebut akan dilaksanakan pada 8-14 Oktober 2018 tahun depan.

Ketua Satuan Tugas Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia Peter Jacobs menjelaskan, pihaknya tetap memantau setiap situasi terbaru terkait aktivitas kegunungapian di Gunung Agung. Selain itu, imbuh Peter, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Meskipun demikian, ia memastikan bahwa Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia akan tetap dilaksanakan di Nusa Dua, Bali pada tahun depan. Peter pun mengungkapkan, hingga saat ini tidak ada perubahan rencana terkait penyelenggaraan pertemuan tersebut.

"Pertemuan itu masih Oktober tahun depan. Kami akan monitor terus aktivitas Gunung Agung, tidak ada yang tahu kapan akan benar-benar erupsi," jelas Peter kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Peter menjelaskan, setiap persiapan sudah selesai dilakukan. Sehingga, hanya tinggal menunggu hari H penyelenggaraan pertemuan tersebut.

"Semua persiapan sudah beres. Kami sudah siap," tuturnya.

Sekadar informasi, pertemuan itu akan dihadiri sekitar 17.000 orang delegasi dari 189 negara di dunia.

Tidak hanya dihadiri para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari 189 negara, pertemuan itu juga dihadiri para petinggi perusahaan dan pengusaha kaya dan lembaga keuangan internasional.

Indonesia merupakan negara keempat di kawasan ASEAN yang menjadi tuan rumah pertemuan IMF dan Bank Dunia setelah sebelumnya digelar di Filipina tahun 1976, Thailand tahun 1991, dan Singapura pada tahun 2006.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/29/124523626/erupsi-gunung-agung-tak-ganggu-persiapan-pertemuan-tahunan-imf-bank-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke