Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Medsos Jadi Tantangan Pelaku "E-Commerce"

Menurut pihak Alibaba, penjual via medsos sudah banyak ditemukan di Indonesia. "Tantangannya adalah bagaimana mengubah kebiasaan posting di medsos jadi posting barang yang mau dijual di platform e-commerce," kata Vice President Alibaba Group Brian Wong saat ditemui di Ballroom Ritz Calrton, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2017).

Brian menjelaskan, meski berjualan melalui akun medsos si penjualnya langsung, ada beberapa hal yang tidak didapati jika berjualan melalui platform e-commerce yang sudah ada.

Salah satunya adalah soal jaminan keamanan dan reputasi penjual yang selama ini dinilai oleh platform berdasarkan riwayat transaksi jual belinya.

"Pakai medsos untuk jualan, itu bukan hal yang ideal ketimbang pakai metode e-commerce yang sudah ada," tutur Brian.

Adapun tantangan lainnya bagi Alibaba Group dalam melaksanakan kegiatan bisnis, khususnya di Indonesia, adalah masalah logistik.

Kegiatan e-commerce dinilai perlu didukung oleh sistem logistik yang mumpuni, terlebih karena Indonesia merupakan negara kepulauan dan pengiriman barang dagangan e-commerce bergantung sepenuhnya pada industri logistik.

"Tantangan lainnya adalah banyak orang Indonesia yang belum punya tabungan, sehingga saat mau transaksi mereka terkendala," ujar Brian.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/05/133603426/medsos-jadi-tantangan-pelaku-e-commerce

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke