Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Forum Internasional, Jokowi Pamerkan Capaian 3 Tahun Pemerintahannya

Pada awal sambutannya, Jokowi menjelaskan tentang kondisi di masa setahun pemerintahannya pada 2015, ketika ada banyak tantangan dalam menciptakan kondisi perekonomian yang kondusif.

"Tahun 2015 saat satu tahun pemerintahan saya, harga komoditas kolaps. Pertumbuhan ekonomi Indonesia berjalan dengan lambat," kata Jokowi.

Meski kondisi yang saat itu kurang baik, ditambah dengan pengaruh global serta kondisi ekonomi di negara lain, Indonesia perlahan mulai memperbaiki diri.

Indikator yang menampilkan perbaikan itu, menurut Jokowi, salah satunya dalam hal kurs Indonesia terhadap dolar AS yang menguat pada dua tahun pemerintahannya.

Kemudian, Jokowi juga menekankan tentang reformasi yang dilakukan di segala lini pemerintahannya. Proses reformasi ini, khususnya dalam hal struktural di berbagai institusi, dinilai berdampak langsung terhadap perbaikan tingkat pertumbuhan ekonomi.

"Hasilnya, dalam OECD (Organization Economic Cooperation and Development) Global Survey, Indonesia ranking satu dalam hal kepercayaan publik terhadap negara," tutur Jokowi.

Dari sejumlah indikator lain, Jokowi memastikan kondisi Indonesia kini jauh lebih baik ketimbang tiga tahun ke belakang.

Untuk ke depannya, Jokowi berpesan agar semua pihak menanamkan sifat optimisme sehingga negara maupun masyarakat sama-sama menyongsong kehidupan yang lebih baik lagi. "Optimisme selalu menang, dan pesimisme selalu kalah," ujar Jokowi.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/06/105139526/di-forum-internasional-jokowi-pamerkan-capaian-3-tahun-pemerintahannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke