Salin Artikel

BI Jamin Ketersedian Uang Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

Pihaknya juga memastikan sudah mengedarkan uang tunai dalam berbagai pecahan guna melayani kebutuhan pembayaran di masyarakat.

"Pecahannya sebagian besar tahun emisi 2016, 65 persen. 35 persen di luar emisi tahun 2016. Kalau membutuhkan uang yang masih baru, kami sediakan dalam jumlah yang cukup," kata Eni kepada pewarta di gedung BI, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2017).

Dia menyebutkan, pihaknya sudah menyiapkan kas siap edar sebesar Rp 194 triliun yang akan diedarkan ke seluruh wilayah Indonesia. Sampai saat ini, peredaran uang tunai dilakukan dengan menyasar 155 titik distribusi yang dimiliki oleh BI.

"Kami akan meningkatkan distribusi dan persediaan uang di kantor pusat dan kantor perwakilan BI," tutur Eni.

Untuk langkah teknisnya, BI saat ini sedang melaksanakan pengaturan dan penjadwalan pengiriman uang sejak November hingga akhir tahun nanti. Selain itu, BI juga mengoptimalkan peran kas titipan untuk distribusi uang dan penukaran serta menambah jumlah kas keliling.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/14/211200026/bi-jamin-ketersedian-uang-jelang-libur-natal-dan-tahun-baru

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.