Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2018, Kementerian Keuangan Akan Keluarkan Sumber Data Terpadu

Rencana satu sumber data itu berangkat dari banyaknya data yang dikeluarkan masing-masing divisi yang ada di bawah naungan Kementerian Keuangan selama ini.

"Selama ini, para pengamat, investor, ekonom, kalau lihat di Kementerian Keuangan, masing-masing Direktorat Jenderal mengeluarkan statistik sendiri. Sekarang kami coba buat satu penerbitan yang lebih terkoordinasi dan terkonsolidasi sehingga data tidak terfragmentasi ke luar," kata Sri Mulyani di kantornya, Senin (18/12/2017).

Rencana ini akan mulai dijalankan pada Januari 2018 mendatang. Selain mengeluarkan data, Kementerian Keuangan juga akan memberi informasi seputar kebijakan yang perlu diketahui oleh publik secara umum.

Menurut Sri Mulyani, sampai saat ini masih banyak orang yang belum memahami betul aturan-aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, contohnya peraturan perpajakan. Melalui corong informasi yang lebih sederhana dan terpusat, dia berharap masyarakat bisa terus mengikuti perkembangan terkini mengenai arah kebijakan pemerintah dalam koridor keuangan.

"Perbaikan sistem informasi ini akan memberi kejelasan, baik dari sisi substansi informasi, data, dan arah kebijakan," tutur Sri Mulyani.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/18/204311326/2018-kementerian-keuangan-akan-keluarkan-sumber-data-terpadu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke