Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Korea Selatan Minat Investasi di Proyek LRT Jabodebek

Hal itu disampaikan  Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan Kim Hyunmee saat dibertemu dengan Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Seoul, Selasa (19/12/2017).

Menteri Kim mengatakan, pihaknya telah berkomitmen untuk turut serta dalam pembiayaan LRT tahap dua dan tiga tetapi yang masih diharapkannya adalah kepastian investasi.

“Korea Selatan sangat tertarik mengikuti tender bakal pelanting untuk LRT, produk kami ini sudah terkenal secara global,” ujar Kim seperti dikutip dalam keterangan resmi Menko Kemaritiman, Rabu (20/12/2017).

Menurut dia, negaranya telah sukses melakukan pembangunan kereta api cepat yang diadaptasi dari teknologi Perancis.

Kim mengatakan, saat ini Korsel mengalokasikan lebih banyak lagi dana untuk investasi infrastruktur di luar negeri. Dia menyebut, seiring dengan tren yang mendunia saat ini, pemerintahnya sekarang sedang sangat aktif berinvestasi di bidang infrastruktur.

“Kami mengalokasikan dana untuk pembiayaan infrastruktur negara-negara berkembang, tahun ini nilainya kami naikkan 500 miliar dollar AS dari jumlah tersebut, 100 miliar dollar AS kami alokasikan untuk negara-negara ASEAN,” katanya.

Sementara itu, Luhut menyambut baik dan menjanjikan untuk memberitahukan jika tender sudah dibuka.  

Dia mengatakan investasi luar negeri dibutuhkan karena dana APBN tidak mungkin cukup untuk membiayai proyek infrastruktur di Indonesia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/20/150500226/korea-selatan-minat-investasi-di-proyek-lrt-jabodebek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke