Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Resolusi Keuangan untuk Anda di Tahun 2018

Nah, tidak ada salahnya pula Anda menyusun resolusi keuangan untuk tahun 2018. Sehingga, pengelolaan keuangan Anda akan lebih baik, terbebas dari utang, dan persiapan masa depan pun tak tertinggalkan.

Berikut ini adalah 6 resolusi keuangan yang dapat Anda lakukan di tahun 2018 ini.

1. Jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Dalam hal keuangan, membandingkan kondisi Anda dengan kondisi orang lain bukan hal yang baik. Misalkan teman atau keluarga Anda ada yang memiliki mobil bagus, rumah lebih besar, atau liburan lebih sering, jangan bandingkan semua itu dengan Anda.

Kalau ingin membandingkan diri, bercerminlah lalu pandang diri sendiri. Pikirkan beragam pencapaian keuangan yang telah Anda raih tahun lalu dan pasang target untuk mencapai hal yang lebih besar di tahun ini.

2. Otomasikan tabungan

Sebagian perencana keuangan merekomendasikan Anda memiliki tabungan darurat sebesar enam bulan pendapatan. Kalau angka itu terlalu berat untuk Anda, menabunglah sedikit demi sedikit.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah pastikan apakah bank tempat Anda menabung memiliki fitur autodebet tabungan. Kalau mereka memilikinya, jangan sia-siakan fitur itu dan gunakanlah untuk Anda menabung.

3. Siapkan dana pensiun

Ada perusahaan yang memberikan dana pensiun bagi karyawannya, ada pula yang tidak. Kalau perusahaan Anda tidak memberikan dana pensiun, persiapkanlah sendiri sedini mungkin.

Jangan sungkan mempersiapkan tabungan pensiun meski Anda masih muda. Bukalah rekening khusus untuk tabungan pensiun, di mana Anda bisa menyisihkan pendapatan atau keuntungan investasi Anda untuk masa depan nanti.

4. Gunakan kartu kredit dengan bijak

Apabila Anda memiliki kartu kredit, pastikan menggunakannya dengan bijak dan membayar tagihan tepat waktu setiap bulannya. Untuk memperoleh manfaat, tidak ada salahnya memilih kartu kredit yang menawarkan poin atau reward berupa liburan.

Pastikan pula Anda hanya menggunakan kartu kredit dengan besaran tagihan yang mampu Anda lunasi setiap bulannya. Pastikan pula Anda mengetahui reward atau manfaat yang Anda peroleh dari kartu kredit Anda.

5. Manfaatkan aplikasi perencanaan keuangan

Jika Anda kesulitan mengatur keuangan Anda, tidak ada salahnya memanfaatkan teknologi. Melalui ponsel pintar, Anda bisa mengunduh beragam aplikasi yang dapat membantu Anda dalam merencanakan atau mengatur keuangan.

Ada sejumlah aplikasi yang membantu Anda menyusun anggaran, memilah pos belanja, dan melihat di pos mana Anda bisa menghemat dan menggunakan dananya untuk ditabung. Ada pula aplikasi keuangan khusus untuk kaum wanita.

6. Mulai investasi

Ada pandangan bahwa Anda harus punya banyak uang untuk berinvestasi, yang faktanya pandangan itu salah. Anda bisa berinvestasi hanya dengan besaran uang yang sedikit.

Ada sejumlah produk investasi yang tidak memerlukan dana besar, semisal reksa dana. Gunakan sedikit penghasilan Anda untuk diinvestasikan, yang hasilnya nanti akan dapat Anda nikmati.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/02/110000626/6-resolusi-keuangan-untuk-anda-di-tahun-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke