Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Catat Sejumlah Bisnis yang Menjanjikan di Bengkulu pada 2018

"Kami melihat pada 2018 ada banyak sektor usaha yang menjanjikan seperti geliat pariwisata yang terus membaik," kata Endang, Rabu (3/1/2018).

Ia katakan sepanjang 2018 akan ada banyak even, rapat-rapat bertaraf nasional yang dilakukan oleh kementerian di Bengkulu.

Bahkan menurutnya Bank Indonesia (BI) memungkinkan menggelar Rakor Nasionalnya di Bengkulu.

Untuk itu, menurutnya Bengkulu harus menyediakan akomodasi seperti penginapan dan perhotelan. Bengkulu baru memiliki dua hotel berbintang namun belum bintang empat.

Hotel dengan pelayanan terbaik untuk kelas menengah ke atas memang masih terbatas.

"Itu untuk kalangan menengah atas lalu akan ada turunannya yang dapat menyentuh kelompok rakyat banyak," jelasnya.

Dengan tingginya aktivitas wisata dan kegiatan-kegiatan pemerintah nasional dan daerah di Bengkulu maka akan berimbas pada usaha kecil menengah masyarakat.

Mengutip prediksi Kementerian Pariwisata, akan terjadi lonjakan kunjungan wisatawan di Bengkulu.

Maka dari itu bisnis di bidang jasa kepariwisataan dan penunjuangnya akan sangat menjanjikan.

"Bisnis kerajinan seperti batik besurek, kuliner, dan yang berhubungan dengan wisata sangat menguntumgkan di 2018," lanjut Endang.

Selama ini industri kreatif dan kuliner penunjang pariwisata sudah berjalan di Bengkulu namun belum dikenal secara besar-besaran.

Menurut Endang, Bengkulu harus konsisten dan berani mempromosikan potensi industri kreatifnya seperti batik, kuliner, jeruk kalamansi dan lainnya.

Sementara dari sisi industri dan pertanian sepanjang 2018 petani kelapa sawit dan pelaku usaha perkelapasawitan mendapatkan kabar gembira.

"Good news, meski kelapa sawit terus dikritik Uni Eropa namun permintaan tetap tinggi termasuk dari Eropa sendiri. Sementara di Asia permintaan terbesar CPO berasal dari China," sebutnya.

Dengan terus tingginya permintaan minyak sawit maka harga di tingkat petani juga akan ikut naik.

Di tengah pelambatan ekonomi dunia namun kenaikan harga CPO akan menjadi kabar baik untuk petani dan industri sawit.

Sementara itu pertumbuhan perekonomian Bengkulu juga diprediksi membaik menyusul membaiknya manajemen kepelabuhan dan meningkatnya ekspor dari pelabuhan

"Pelabuhan Pulau Baai mulai baik dari sisi manajemen menyusul adanya terminal curah CPO," sambungnya.

Kabar baik berikutnya adalah mulai beroperasinya Pertamina Geothermal Energy (PGE) di Bengkulu.  Beroperasinya PGE ini akan dapat menambah suplai kebutuhan listrik di Bengkulu.

Menurut BI, Iaju perekonomian dipastikan akan menggeliat di sekitar aktifiyas PGE, serta meningkatnya harga tanah dan juga aktivitas ekonomi lainnya.

BI menyatakan pertumbuhan ekonomi Bengkulu pada 2017 naik, investasi bertambah, inflasi turun. Daya beli seperti melemah namun masyarakat menabung untuk kebutuhan sekolah anak-anak.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/03/150000626/bi-catat-sejumlah-bisnis-yang-menjanjikan-di-bengkulu-pada-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke