Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aramco, Raksasa Minyak Arab Saudi, Siap Melantai di Bursa

Dengan demikian, sejumlah saham Aramco bisa dijual dan dibeli. Arab Saudi sendiri berencana untuk melepas 5 persen saham Aramco, yang merupakan produsen minyak terbesar di dunia.

Pelepasan saham ini dilakukan melalui skema penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) yang bakal dilakukan tahun ini. Kalau terwujud, maka ini akan menjadi IPO terbesar di dunia.

IPO Aramco pun merupakan salah satu upaya Arab Saudi mengurangi ketergantungan ekonominya pada minyak. Dana perolehan dari IPO dapat digunakan untuk diversifikasi ekonomi Arab Saudi ke sektor-sektor lainnya, termasuk pariwisata dan teknologi.

Pemerintah Arab Saudi telah mengestimasikan bahwa IPO tersebut dapat memberikan valuasi bagi Aramco sebesar 2 triliun dollar AS, lima kali lipat dari valuasi Exxon Mobil.

Menjual 5 persen saja saham Aramco dapat memberikan dana segar sebesar 100 miliar dollar AS, jika estimasi tersebut akurat.

Pemerintah Arab Saudi tengah mempertimbangkan di mana Aramco akan melantai. Selain di bursa efek Arab Saudi, Aramco bisa saja melantai di bursa saham New York, London, Hong Kong, atau Tokyo.

Dalam pengumumannya pada Jumat (5/1/2018), pemerintah Arab Saudi menyatakan akan mempertahankan kendali terkait besaran produksi minyak Aramco. Tujuannya adalah untuk mengakomodir kepentingan ekonomi dan politik Arab Saudi.

Di samping itu, pemerintah Arab Saudi tetap bisa melakukan buyback atau pembelian kembali seluruh saham Aramco dari pemegang saham sesuai harga yang ditentukan. Pemerintah Arab Saudi pun akan menunjuk 6 orang direksi Aramco, termasuk presiden direktur dan wakil presiden direktur.

Pemegang saham yang memiliki lebih dari 0,1 persen saham Aramco dapat dinominasikan sebagai kandidat 5 orang direksi perseroan. Gaji direksi ditentukan sebesar 1,8 juta riyal atau 480.000 dollar AS per tahun, setara dengan sekitar Rp 6,48 miliar.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/07/113000026/aramco-raksasa-minyak-arab-saudi-siap-melantai-di-bursa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke