Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiga BUMN Bantu Korban Longsoran di Underpass Bandara Soekarno-Hatta

Bentuknya antara lain berupa biaya perawatan selama di rumah sakit, hingga biaya pemberangkatan dan pemakaman korban yang meninggal ke kampung halamannya di Serang, Banten.

KAI juga menawarkan kesempatan menjadi pegawai, kepada korban yang selamat dan keluarga terdekat dari korban yang meninggal.

“Kami PT KAI juga menyatakan duka cita medalam bagi korban dan keluarga atas atas peristiwa ini. Kami menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang mengakibatkan gangguan pada perjalanan KA. Untuk sementara, demi keselamatan dan keamanan, perjalanan KA Basoetta dibatalkan sampai jalur dinyatakan aman dan akan diinformasikan lebih lanjut,” ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro melalui keterangan resminya, Selasa (6/2/2018).

Sebagai antisipasi bencana selama cuaca ekstrim ini, KAI, Railink, Waskita Karya, dan PT Angkasa Pura II akan menyiapkan tim posko untuk memantau lintasan jalur Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta (KA Basoetta), terutama di area timbunan tinggi sepanjang 2,5 kilometer yang ada di jalur tersebut.

Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, M Suriawan Wakan menambahkan, bencana longsor tidak berdampak bagi operasional penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta.

Hanya saja, hingga sekarang Jalan Perimeter Selatan masih ditutup sementara dan menunggu rampungnya proses pengujian serta evaluasi konstruksi oleh tim KAI dan Waskita Karya.

Operasional Kereta Bandara pun dihentikan sementara sementara sampai menunggu hasil evaluasi itu.

Tim teknis dari KAI, Waskita Karya, dan Virama Karya juga berkolaborasi melakukan proses penelitian geometris jalan rel untuk memastikan kondisi jalan rel dan keamanannya. Jika dinyatakan aman, Kereta Api Bandara Soetta akan beroperasi kembali dengan pembatasan kecepatan.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Madya Muhammad Syaugi mengatakan proses evakuasi terhadap korban bencana longsor di Underpass Jalan Perimeter Selatan, Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (05/02/2018), telah selesai pada Selasa (06/04/2018) pukul 07.00 WIB.

Tindakan pertolongan terhadap korban dilakukan oleh Tim Gabungan, diantaranya menerjunkan tiga eskavator untuk menggali timbunan tanah, empat unit ambulans untuk bersiap-siaga serta mobil kebakaran.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/06/201500626/tiga-bumn-bantu-korban-longsoran-di-underpass-bandara-soekarno-hatta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke