Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Venezuela, Negara yang Ekonominya Paling Menyedihkan di Dunia

Mengutip Bloomberg, Sabtu (17/2/2018), Venezuela meraih predikat tersebut selama 4 tahun berturut-turut. Hal ini berdasarkan Bloomberg Misery Index, yang menghitung angka inflasi dan tingkat pengangguran di 66 negara.

Di Venezuela, hiperinflasi telah membuat banyak ekonom angkat tangan terkait pertumbuhan harga riil. Para ekonom yang disurvei memprediksi inflasi di negara tersebut mencapai 1.864 persen pada tahun ini.

Dana Moneter Internasional mengestimasi inflasi Venezuela melonjak 13.000 persen untuk tahun 2018 ini. Adapun inflasi pada tahun 2017 lalu ditaksir mencapai 2.400 persen.

Dalam indeks tersebut disebutkan pula peringkat Malaysia merosot dari nomor 43 ke 52 karena inflasi yang meningkat. Adapun secara umum, negara-negara Asia berhasil keluar dari 10 besar negara dengan ekonomi paling menyedihkan di dunia.

Sementara itu, posisi 10 besar tersebut diisi oleh negara-negara Eropa, Amerika Latin, dan Afrika dengan porsi yang hampir seimbang.

Secara umum, outlook perekonomian global secara umum dipandang masih cerah. Sejumlah ekonom memprediksi pertumbuhan ekonomi global mencapai 3,7 persen secara tahunan (yoy) pada tahun 2018.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/17/104016326/venezuela-negara-yang-ekonominya-paling-menyedihkan-di-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke