Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Populer: Registrasi SIM Card hingga Cak Imin Keluhkan Delay

Pemblokiran tersebut dimulai pada Maret 2018 dan harapkan sudah benar-benar tuntas pada Mei 2018.

Artikel mengenai registrasi SIM card tersebut menjadi salah satu berita yang diminati oleh pembaca pada akhir pekan kemarin.

Berikut 5 berita populer di kanal ekonomi Kompas.com yang bisa Anda baca kembali

1. Kemenkominfo Tegaskan Tak Perpanjang Registrasi "Sim Card" Prabayar

Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan tidak akan memperpanjang masa registrasi prabayar menggunakan nomer Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Ketika masa registrasi prabayar berakhir dan pengguna layanan seluler belum mendaftarkan kartunya, nomor akan dihapus dari sistem milik operator telekomunikasi secara bertahap.

"Tidak, ini tidak akan diperpanjang. Kenapa diperpanjang kan sudah lama? Kita mesti fokus pada kualitas pelanggan, bukan jumlah pelanggan, tapi pelanggan tidur (non aktif). Sebenarnya rugi semua di industri," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara saat bincang dengan Kompas.com di kantornya, Kamis (15/2/2018).

Chief RA, demikian sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa saat ini belum diketahui dengan jelas jumlah pelanggan seluler di Indonesia.

Baca selengkapnya di sini

2. Cak Imin Keluhkan "Delay," Ini Penjelasan Garuda Indonesia

Di dalam penerbangan tersebut terdapat politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin.

Pihak Garuda Indonesia menyatakan, penerbangan GA 619 mengalami keterlambatan diakibatkan cuaca buruk berkepanjangan di sejumlah sektor penerbangan, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta.

Kondisi itu berdampak pada terlambatnya pesawat yang akan digunakan pada penerbangan tersebut dari Jakarta.

Baca selengkapnya di sini

3. Penataan 2,1 GHz Selesai, Indosat Janjikan Sinyal Lebih Stabil

Adapun penataan yang dimaksud terkait dengan adanya tambahan satu blok frekuensi sebesar 5 MHz, yang dimenangkan oleh Indosat dan Hutchison Tri Indonesia pada lelang tahun lalu.

Dengan selesai penataan itu, maka Indosat kini menempati blok frekuensi 10,11, dan 12, dengan total lebar spektrum 15 MHz di frekuensi 2,1 GHz.

Head of Corporate Communication Indosat Deva Rachman mengatakan, efek dari selesainya penataan dan blok frekuensi tambahan ini bagi pelanggan antara lain berupa stabilitas sinyal yang dirasakan.

Baca selengkapnya di sini

4.  Venezuela, Negara yang Ekonominya Paling Menyedihkan di Dunia

Mengutip Bloomberg, Sabtu (17/2/2018), Venezuela meraih predikat tersebut selama 4 tahun berturut-turut. Hal ini berdasarkan Bloomberg Misery Index, yang menghitung angka inflasi dan tingkat pengangguran di 66 negara.

Di Venezuela, hiperinflasi telah membuat banyak ekonom angkat tangan terkait pertumbuhan harga riil. Para ekonom yang disurvei memprediksi inflasi di negara tersebut mencapai 1.864 persen pada tahun ini.

Dana Moneter Internasional mengestimasi inflasi Venezuela melonjak 13.000 persen untuk tahun 2018 ini. Adapun inflasi pada tahun 2017 lalu ditaksir mencapai 2.400 persen.

Baca selengkapnya di sini

5. Uang Elektronik Tidak Hanya untuk Bayar Tol, Tapi Juga untuk Belanja

Demikian disampaikan Asistem Direktur Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Bank Indonesia Perwakilan Jawa Tengah Novita Wulandari, di sela kegiatan sosialiasi e-money di Simpang Lima Semarang, Minggu (18/2/2018).

Berdasar evaluasi BI, masyarakat masih banyak yang tidak mengenal uang elektronik. Sebagian lainnya mengetahui, namun masih kebingungan melakukan pengisian uang (top up).

Jika pun masyarakat tahu tentang e-money, mereka umumnya tahu penggunaannya hanya sebatas pada pembayaran di jalan tol.

Baca selengkapnya di sini

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/070100526/berita-populer--registrasi-sim-card-hingga-cak-imin-keluhkan-delay

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke