Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

LPS: Akselerasi Penyaluran Kredit Baru Terjadi Akhir Kuartal I 2018

Sementara itu, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) pada November 2017 masih lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit. Pada periode tersebut, pertumbuhan DPK tercatat sebesar 9,83 persen (yoy).

Meskipun demikian, angka pertumbuhan DPK pada bulan November 2017 tersebut pun masih lebih rendah dibandingkan realisasi pada bulan sebelumnya. Pada Oktober 2017, pertumbuhan DPK tercatat sebesar 10,95 persen (yoy).

"Dengan demikian, rasio kredit terhadap simpanan (LDR) perbankan sedikit mengalami kenaikan dari 88,34 persen menjadi 88,57 persen," ujar LPS dalam laporannya, Rabu (21/2/2018).

LPS memprediksi, akselerasi penyaluran kredit baru akan terjadi pada akhir kuartal I 2018. Selain itu, pertumbuhan DPK diproyeksikan masih akan cukup tinggi, sejalan dengan akumulasi dana yang dilakukan nasabah korporasi mempertimbangkan sentimen menahan ekspansi di tahun politik.

"Kendati demikian, secara agregat, pada akhir tahun LDR perbankan diperkirakan akan berada di atas 90 persen," tulis LPS.

Adapun tren penurunan suku bunga deposito saat ini diproyeksikan masih dapat berlanjut, mempertimbangkan kondisi likuiditas yang masih memadai dan penyaluran kredit yang juga masih rendah.

"Meski demikian ruang penurunan akan semakin terbatas di tengah laju inflasi serta arah kebijakan moneter yang lebih stabil," ujar LPS. Respons penurunan antar kelompok bank cukup berbeda, khususnya pada kelompok bank kecil, sehingga berpotensi menimbulkan risiko likuditas jika penurunan suku bunga ini terus berlangsung.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/21/180900726/lps--akselerasi-penyaluran-kredit-baru-terjadi-akhir-kuartal-i-2018

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke