Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perputaran Uang Selama Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali Diprediksi 100 Juta Dollar AS

Kepala Unit Kerja Pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 Peter Jacobs menuturkan, perputaran uang selama perhelatan internasional tersebut akan sangat besar. Bahkan, angkanya ditaksir mencapai lebih dari 100 juta dollar AS.

"Hitung-hitungan kasar 100 juta dollar AS. Itu minimal, belum terjadi dampak multiplier (rentetan)," kata Peter dalam media briefing di Jakarta, Senin (26/2/2018).

Peter menjelaskan, perputaran uang tersebut bisa terjadi untuk memenuhi beragam kebutuhan, mulai dari sewa-sewa gedung sebagai lokasi pertemuan, kamar hotel, makanan dan minuman, perjalanan, dan kebutuhan mendasar lainnya.

Intinya, angka tersebut adalah jumlah uang yang dibelanjakan oleh sekira 15.000 orang selama pertemuan berlangsung.

Selain itu, tidak menutup kemungkinan pula akan ada beragam kesepakatan perdagangan yang akan tercipta. Sebab, pertemuan tersebut juga akan dihadiri oleh para investor, pebisnis, dan sosok-sosok penting di bidang investasi global.

"Belum hitung kalau ada investasi, tanda tangan transaksi ekspor-impor," jelas Peter.

Tidak hanya itu, perputaran uang lebih besar bisa terjadi di sektor pariwisata dan penyangganya di Bali dan daerah-daerah sekitarnya. Ini bisa terjadi sejalan dengan kemungkinan besar para delegasi dan peserta akan kembali ke Indonesia untuk berwisata pasca pertemuan.

Yang perlu dicatat, perputaran uang tersebut akan menguntungkan Indonesia. Pasalnya, semua uang tersebut akan dibelanjakan di dalam negeri hanya dalam waktu sekitar sepekan hingga dua pekan selama pertemuan berlangsung.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/26/213000926/perputaran-uang-selama-pertemuan-imf-bank-dunia-di-bali-diprediksi-100-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke