Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Minta Masyarakat Ikut Jaga Laut Indonesia, Menteri Susi Tulis Buku

Ajakan Susi tersebut dituangkan melalui sebuah buku yang dirinya tulis dengan judul "Laut Masa Depan Bangsa".

Dalam buku tersebut, Menteri Susi menceritakan tentang perjalanan sektor kelautan Indonesia dari mulai sejarah hingga tantangan yang dihadapi oleh Indonesia.

Dia menuturkan, tujuan utama menuliskan buku ini untuk menjadikan Indonesia poros maritim dunia dan laut masa depan.

"Ini adalah satu hal yang harus kita sosialisasikan, harus dimengerti masyarakat karena nantinya masyarakat yang akan jadi penjaga dan pemilik utama laut masa depan bangsa," ujar Susi saat acara bedah buku di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Melalui tulisannya, Susi berharap laut sebagai masa depan bangsa Indonesia tidak hanya menjadi slogan, tetapi juga perlu dibuktikan dengan terlibatnya peran serta masyarakat.

Dalam buku setebal 115 halaman tersebut, Susi menuliskan banyak isu, mulai dari penenggelaman kapal asing, pelarangan cantrang, hingga bisnis perikanan di Indonesia.

Susi menegaskan, pihaknya selalu menjalani tiga pilar utama dalam menjaga sektor kelautan dan perikanan, mulai dari pilar kedaulatan, keberlanjutan dan kesejahteraan.

Adapun, bedah buku tersebut dihadiri oleh berbagai pembahas, mulai dari Ekonom Faisal Basri, Jaya Suprana, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Pakar Manajemen Bisnis Rhenald Kasali, serta masyarakat umum.

"Buku ini sebenarnya buku simpel, yang saya buat setipis mungkin, sesedikit mungkin, dan yang prinsip-prinsip sajalah.

Karena memang itu yang ingin saya buat supaya buku Laut Masa Depan Bangsa menjadi yang gampang ditenteng, gampang dibaca dan akhirnya dimengerti kita semua," papar Susi.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/28/142216026/minta-masyarakat-ikut-jaga-laut-indonesia-menteri-susi-tulis-buku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke