Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lancarkan Arus Barang di Pelabuhan, Menhub Harap Perusahaan Kargo Tak Libur

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, saat ini mayoritas perusahaan kargo tidak beroperasi penuh selama satu pekan. Ini menyebabkan adanya penumpukan barang di pelabuhan.

"Masih banyak kontainer yang stay di sini lama. Bukan karena Tanjung Priok atau tim dari kami yang menunda, tapi karena owner itu memiliki tempat yang sedikit, bahkan Sabtu-Minggu libur," ujar Menhub Budi Karya saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (4/3/2018).

Selain itu, Menhub meminta operator pelabuhan juga bisa meningkatkan daya saing, dalam hal ini berupa tarif bongkar muat yang lebih murah, cepat, dan transparan.

Harapannya, dengan kecepatan arus barang, efisiensi biaya dan transparan, maka kapal-kapal bermuatan besar akan berlabuh ke Pelabuhan Tanjung Priok. Dengan demikian, kapal itu tidak lagi bersandar pada pelabuhan milik negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

"Kami akan buat kapal-kapal besar datang lebih rutin. Kalau sekarang ini seminggu sekali, kami mau dua kali seminggu, kemudian dua hari sekali, dan bisa sampai sehari tiga kali," kata Menhub.

Di samping memperlancar arus barang di pelabuhan, kelancaran arus barang di jalan raya dari pelabuhan menuju beberapa kawasan industri juga terus dipantau oleh Kementerian Perhubungan.

"Kami konsolidasikan apa yang terjadi di Priok dengan apa yang terjadi di Cawang ke Karawang (kawasan industri). Sehingga waktunya itu inline. Maka saya minta asosiasi truk memonitor pergerakan bahkan kontainer itu seperti apa, sehingga kami bisa melakukan mapping (pemetaan) yang paling efisien, pergerakan truk itu sepeti apa," ujar Menhub.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/04/182750926/lancarkan-arus-barang-di-pelabuhan-menhub-harap-perusahaan-kargo-tak-libur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke