Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trump Bakal Kenakan Tarif Impor untuk Banyak Produk China

Seorang sumber mengungkapkan, kebijakan-kebijakan tersebut dipertimbangkan setelah ada investigasi bahwa China mencuri properti intelektual AS. Dengan demikian, kebijakan ini semacam "hukuman" dari Washington untuk Beijing.

Mengutip Bloomberg, Rabu (7/3/2018), investigasi dilakukan oleh Kantor Perwakilan Perdagangan AS terhadap praktik-praktik pelanggaran hak kekayaan intelektual oleh China. Investigasi tersebut berpotensi memicu kemungkinan Trump akan menerapkan larangan perdagangan dengan China.

Pengumuman kebijakan soal pengenaan tarif impor baja dan alumunium oleh Trump pekan lalu saja sudah memicu ketegangan perdagangan global. Kebijakan ini juga menyebabkan kepala penasihat ekonomi Trump, Gary Cohn, mundur karena tidak menyetujui pengenaan tarif impor.

Trump kini menghadapi perlawanan dari banyak pihak, mulai dari China, Kanada, hingga Uni Eropa. Negara-negara tersebut menyatakan tidak segan menerapkan kebijakan balasan.

Dalam skenario terburuk, AS bisa saja menerapkan tarif impor untuk banyak barang dari China, mulai dari sepatu, pakaian, hingga produk-produk elektronik konsumen. Hal ini diungkapkan oleh sumber di Gedung Putih.

Selain itu, pemerintahan Trump bisa juga memadukan kebijakan tarif dengan larangan investasi China di AS. Pemerintah AS tengah mempertimbangkan pengukuran kebijakan tersebut demi kepentingan keamanan nasional.

Meskipun demikian, kemungkinan kebijakan tersebut dipandang bakal merugikan AS sendiri. Pasalnya, rangkaian kebijakan yang ofensif tersebut muncul di tengah-tengah kondisi serapan tenaga kerja hampir maksimum di AS.

"(Kebijakan) tarif kemungkinan besar akan menyebabkan infasi yang lebih tinggi ketimbang hasil yang lebih tinggi," ujar Tom Orlik, kepala ekonom Asia di Bloomberg Economics.

AS, imbuh Orlik, sebaiknya menghindari konflik perdagangan dengan China, bahkan hingga berakhir pada perdang dagang. Sebab, ini akan berdampak pada rantai pasok AS dan memukul konsumen ritel AS, yang akhirnya berakhir pada risiko inflasi yang melesat tinggi.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/07/143000426/trump-bakal-kenakan-tarif-impor-untuk-banyak-produk-china

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke