Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buat "Fresh Graduate", Perusahaan Cari Kandidat yang Punya 8 Kriteria Ini

Namun, jangan terlalu bangga akan gelar tersebut. Gelar fresh graduate sama sekali tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan gelar double degree ataupun master.

Minimnya pengalaman kerja seorang fresh graduate menjadi alasan kenapa lulusan ini sedikit dipertimbangkan untuk bekerja di perusahaan.

Agar kandidat fresh graduate lolos seleksi perusahaan, ada sejumlah kriteria yang harus dimiliki. Apa saja itu?

1. Mengetahui Profil Perusahaan

Meskipun belum punya pengalaman kerja, kandidat dapat membuktikan niat untuk bekerja lewat kepiawaiannya saat menjelaskan profil perusahaan yang dituju. Mulai dari sektor industri perusahaan, mekanisme kerja, dan pertumbuhan ekonomi.

Hal-hal sederhana yang kandidat ketahui tentang perusahaan merupakan angin segar bagi para penyeleksi sebagai bukti kalau kandidat antusias untuk bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

2. CV yang Berkualitas

Para HR atau tim penyeleksi sangat senang jika kandidat memiliki CV yang berkualitas. Isi CV tersebut tidak hanya nama dan status pendidikan, tetapi pengalaman organisasi sewaktu kuliah dulu.

Organisasi dan aktivitas yang diikuti saat kuliah menjadi bukti kalau kandidat merupakan orang yang aktif dan partisipatif di kampus. Orang yang aktif berorganisasi biasanya juga lebih kritis dan mampu menjadi problem solver yang sangat dibutuhkan saat perusahaan menghadapi masalah besar.

3. Mudah Beradaptasi

Meskipun nantinya berstatus sebagai karyawan baru, bukan berarti kandidat akan dibimbing terus-menerus dalam menyelesaikan tugas. Perusahaan mempunyai target yang harus dicapai sehingga tidak punya waktu untuk terus mengajari.

Agar dapat berkontribusi dengan baik, kandidat harus mampu beradaptasi dengan cepat. Mulai dari beradaptasi dengan pekerjaan, produsen, rekan kerja, hingga atasan agar terjadi satu kesatuan yang utuh dan bersinergi saat bekerja.

4. Easy Going

Kandidat yang easy going sangat disenangi perusahaan karena tipe ini mudah diajak untuk bekerja sama. Orang yang punya sifat ini biasanya luwes, tidak kaku, dan sangat mudah beradaptasi dengan hal-hal yang baru.

Sifat ini sangat jelas terlihat saat proses wawancara kerja. Kalau kandidat punya sifat ini, peluang untuk diterima bekerja sangat besar karena hanya segelintir orang saja yang easy going di dunia kerja.

5. Mampu Bekerja dalam Tim

Kriteria selanjutnya adalah mampu bekerja dalam tim. Penyelesaian tugas jauh lebih mudah jika diselesaikan bersama tim kerja.

Dalam sebuah tim, perbedaan-perbedaan opini pasti akan muncul. Namun, kepiawaian kandidat untuk menyatukan beragam opini lalu menyimpulkannya menjadi satu opini, itulah yang diinginkan perusahaan.

6. Nilai Akademis yang Bagus

Menyandang predikat Cum Laude saat lulus menjadi prestasi yang sangat membanggakan. Namun, bukan itu yang dicari perusahaan, melainkan seberapa mampu kandidat berkontribusi dalam mengelola pekerjaan yang diberikan kepadanya.

Nilai akademis hanya syarat administrasi yang harus dipenuhi seorang kandidat saat melamar kerja. Sebab hanya kandidat yang memenuhi syarat administrasi yang dapat lanjut ke tahap selanjutnya.

7. Wawasan yang Luas

Rajin saja tidak cukup, tapi juga harus memiliki wawasan yang luas. Wawasan ini menyangkut isu-isu yang sering terjadi dalam kehidupan, baik isu ekonomi, politik, budaya, maupun sosial yang ada kaitannya dengan kinerja perusahaan.

Dengan wawasan yang luas, seorang kandidat dianggap mampu untuk memberikan ide-ide yang inovatif demi kemajuan operasional perusahaan di kemudian hari.

8. Motivasi Kerja yang Tinggi

Motivasi merupakan dorongan saat bekerja. Kandidat yang memiliki motivasi tinggi mampu mengerjakan tugas yang diberikan dengan cepat dan memuaskan. Dan sebaliknya, kandidat yang tidak memiliki motivasi kerja akan bermalas-malasan saat bekerja.

Motivasi kerja biasanya timbul dari diri sendiri. Dengan target dan tujuan kerja yang jelas, kandidat mampu membangun motivasi dalam dirinya untuk menggapai apa yang sudah ditetapkannya.

Apakah Anda Sudah Memenuhi Kriteria Perusahaan?

Setiap perusahaan memiliki standar dan kriteria yang berbeda-beda. Namun, delapan kriteria di atas merupakan kriteria umum yang diinginkan perusahaan dari para fresh graduate. Apakah Anda sudah memenuhi salah satu dari kriteria di atas?

Jika belum, perbanyak pengalaman dan persiapkan diri sebaik mungkin sebelum menempuh dunia kerja agar peluang untuk bekerja di perusahaan impian terbuka lebar.

Artikel ini merupakan konten kerja sama dengan Cermati.com. Kompas.com tidak bertanggungjawab atas isi tulisan. 

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/17/153100526/buat-fresh-graduate-perusahaan-cari-kandidat-yang-punya-8-kriteria-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke