Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Darmin: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I Mungkin Tak Setinggi Tahun Lalu

"Mungkin Kuartal I tidak bisa lebih tinggi dari tahun lalu, pertumbuhan Kuartal I tahun ini. Kami enggak berharap begitu, saya cuma bilang, mungkin enggak lebih tinggi dari tahun lalu," kata Darmin saat ditemui di kantornya, Senin (19/3/2018).

Adapun sektor yang mengalami perlambatan menurut Darmin adalah pertumbuhan kredit dan ritel. Selain itu, dalam hal sektor pertanian, juga mengalami perlambatan karena puncak panen raya yang diprediksi baru jatuh pada April 2018.

Berbeda dengan sebelumnya, ketika puncak panen raya jatuh sepanjang Maret dan April 2017. Darmin menekankan, dalam hal penghitung produk domestik bruto (PDB), indikator yang dipakai untuk sektor pertanian adalah volume, bukan harga beras di pasaran.

"Pertanian akan lebih lambat karena panennya keluar di bulan April, artinya itu Kuartal II, bukan Kuartal I. Melambat dibandingkan Kuartal I tahun lalu, karena tahun lalu panen sudah mencapai puncaknya di Kuartal I, Maret," tutur Darmin.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Indonesia Kuartal I 2017 tumbuh 5,01 persen (year on year). Pertumbuhan ekonomi Kuartal I 2017 ditopang oleh harga komoditas nonmigas di pasar internasional yang meningkat, kondisi perekonomian global yang meningkat, dan ekonomi negara mitra dagang Indonesia yang juga membaik.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/19/120200126/darmin--pertumbuhan-ekonomi-kuartal-i-mungkin-tak-setinggi-tahun-lalu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke