Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

The Fed Naikkan Suku Bunga, Apa Kabar Suku Bunga Acuan BI?

Selain menaikkan suku bunga acuan, The Fed juga mengisyaratkan kenaikan suku bunga acuan terus hingga tahun 2020. Artinya, pada tahun ini dan tahun depan, The Fed tetap pada arah kebijakan kenaikan suku bunga.

Bank Indonesia (BI) pun pada hari ini, Kamis (22/3/2018) akan mengumumkan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulanan, salah satunya adalah suku bunga acuan BI 7-day Reverse Repo Rate. Saat ini, BI 7-day Reverse Repo Rate berada pada posisi 4,25 persen.

Lalu, apakah keputusan The Fed yang menaikkan suku bunga acuan akan memengaruhi keputusan BI pula?

"Bank Indonesia diperkirakan akan mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate tetap di level 4,25 persen," kata VP Economist PT Bank Permata Tbk Josua Pardede kepada Kompas.com.

Josua menjelaskan, keputusan tersebut sejalan dengan arah kebijakan bank sentral yang netral, yakni tetap konsisten menjaga ekspektasi inflasi pada kisaran target 3,5 plus minus 1 persen.

Selain itu, stabilitas nilai tukar rupiah juga dijaga di tengah pengetatan kebijakan moneter The Fed tahun ini melalui kenaikan FFR sebesar 75 basis poin.

"Dalam sebulan terakhir ini keluarnya dana asing di pasar keuangan domestik telah memicu kenaikan volatilitas nilai tukar rupiah, namun BI selalu berada di pasar dengan secara aktif melakukan langkah-langkah stabilisasi rupiah yang terindikasi dari penurunan cadangan devisa sepanjang bulan Februari," jelas Josua.

Volatilias nilai tukar rupiah diperkirakan akan menurun. Hal ini seiring penurunan ketidakpastian di pasar setelah Fed mengeluarkan dot plot pada rapat FOMC bulan ini. Adapun ekspektasi inflasi juga diperkirakan berada dalam target sasaran inflasi BI.

"Jadi, mempertimbangkan tujuan BI yakni menjaga stabilitas harga dan nilai tukar pada tahun ini, maka stance kebijakan moneter BI diperkirakan netral dalam jangka pendek," sebut Josua.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/22/111500726/the-fed-naikkan-suku-bunga-apa-kabar-suku-bunga-acuan-bi-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke