Salin Artikel

OJK Berencana Terbitkan 50 Izin Usaha Bank Wakaf Mikro Tahun Ini

"Target untuk pendirian BWM tentu sebanyak banyaknya. Ini pilot project kemarin 20 sudah berdiri kemudian tahun ini harapannya ada 50 mungkin berdiri Insya Allah," Kepala Departemen Perbankan Syariah OJK Ahmad Soekro Tratmono saat menghadiri diskusi di Hotel Java Heritage Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (5/4/2018) malam.

Saat ini, sebanyak tujuh BWM ada di Jawa Tengah, enam di Jawa Timur, dan tujuh di Jawa Barat serta Banten. Semua pilot project BWM itu berada di dekat pondok pesantren.

Oleh karena itu, tambahan 30 BWM pada tahun ini disebut Soekro akan tersebar di luar Pulau Jawa dan tak hanya ada di dekat pesantren, melainkan di lokasi-lokasi yang dianggap potensial.

"Makanya kita mengundang juga kepada donatur-donatur untuk terus meningkatkan donasinya sehingga meningkatkan banyak BWM. Sebab, lembaga ini enggak boleh menghimpun dana masyarakat, makanya sumber dananya dari donatur yang didonasikan melalui lembaga amil zakat atau LAZ," jelasnya.

Di sisi lain, pengembangan BWM di lingkungan pesantren diharapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi syariah yang berkesinambungan dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Lembaga keuangan ini pun diharapkan mampu mengurangi ketimpangan dan kemiskinan.

Keberadaan BWM ini juga merupakan komitmen OJK bersama pemerintah untuk terus memperluas penyediaan akses keuangan masyarakat, khususnya bagi masyarakat menengah dan kecil.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/06/080000826/ojk-berencana-terbitkan-50-izin-usaha-bank-wakaf-mikro-tahun-ini

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.