Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun Ini, Bank Mandiri Terbitkan 4 Juta Kartu Debit Berlogo "Garuda"

Penerbitankartu yang proses transaksinya dilakukan di dalam negeri ini untuk meningkatkan efisiensi dan menekan biaya transaksi antarbank.

Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan Bank Mandiri Hery Gunardi menyatakan, kartu debit berlogo Garuda ini akan menjadi kartu utama yang ditawarkan kepada nasabah. Selain itu, Bank Mandiri juga akan secara simultan melakukan penggantian kartu debit menjadi kartu debit berlogo Garuda dan dilengkapi teknologi chip.

Menurut Hery, dalam setahun, pembukaan rekening baru Bank Mandiri mencapai kisaran 1 juta hingga 1,3 juta rekening. Bagi nasabah baru, Bank Mandiri akan menerbitkan kartu debit berlogo Garuda.

"Kami mungkin tahun ini convert sekitar 4 juta (kartu berlogo Garuda) dan sudah chip-based," kata Hery di sela-sela acara peluncuran kartu debit Bank Mandiri berlogo GPN di Plaza Mandiri, Senin (9/4/2018).

Pada kesempatan yang sama, SVP Consumer Deposit Bank Mandiri Trilaksito Singgih menjelaskan, penggantian kartu menjadi kartu debit berlogo Garuda dilakukan secara bertahap. Sebab, saat ini nasabah Bank Mandiri mencapai sekitar 17 juta nasabah.

"Tahun ini sekitar 3,5 juta sampai 4 juta kartu ganti ke (kartu debit berlogo) Garuda. Bertahap, ada yang baru, ada yang ganti," ujar Singgih.

Ia mengungkapkan, sesuai dengan aturan mengenai GPN yang diterbitkan Bank Indonesia (BI), nasabah wajib memiliki 1 kartu berlogo Garuda. Sehingga, semisal apabila nasabah memiliki 2 kartu debit dari 2 bank yang berbeda, maka jika ia hanya mengganti 1 kartu debitnya menjadi kartu berlogo Garuda, maka kewajibannya sudah terlaksana.

Bagi nasabah, ada sejumlah keuntungan yang diperoleh apabila menggunakan kartu debit berlogo Garuda. Pertama, biaya administrasi yang dikenakan lebih murah.

Kedua, transaksi yang dilakukan di dalam negeri akan menjadi lebih mudah. Pasalnya, kartu debit dapat digesek (swipe) pada seluruh mesin electronic data capture (EDC) milik bank manapun di dalam negeri.

"Secara ekosistem payment (pembayaran), charges (biaya) lebih murah," sebut Singgih.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/09/131900426/tahun-ini-bank-mandiri-terbitkan-4-juta-kartu-debit-berlogo-garuda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke