Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebarkan Sayap Bisnis, Malaysia Airlines Berminat Beli 30 Pesawat Berbadan Lebar

Dikutip dari Business Insider, Kamis (12/4/2018), seorang sumber yang enggan disebutkan identitasnya menyatakan rencana tersebut bila terwujud dapat memperluas atau menggantikan kesepakatan dengan Boeing yang dicapai saat perdana menteri Malaysia ke AS pada tahun 2017 lalu.

Nota kesepakatan dengan Boeing diteken untuk membeli 8 pesawat seri 787 dengan nilai 2,25 miliar dollar AS.

Kesepakatan tersebut mengejutkan, sebab Malaysia Airlines sudah memiliki seluruh pesawat berbadan lebar Airbus.

Sumber tersebut menyatakan pula bahwa meski Malaysia Airlines telah berminat membeli pesawat Boeing 787, maskapai tersebut juga tetap mempertimbangkan untuk membeli pesawat Airbus seri A330neo dan A350.

Menanggapi kabar-kabar tersebut, pihak Malaysia Airlines menyatakan kabar itu spekulatif.

"Tidak ada proses tender seperti yang disebutkan dan nota kesepahaman dengan Boeing tetap ada," ujar pihak Malaysia Airlines.

Bulan lalu, CEO Malaysia Airlines Izham Ismail menyatakan bahwa pihaknya telah menerbitkan permintaan terkait pesawat berbadan lebar generasi baru. Namun, Ismail tak menyebut secara spesifik mengenai jumlah atau tipe modal, maupun kemungkinan membeli pesawat dari Airbus.

Kesepakatan dengan Boeing diumumkan pada saat kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Najib Razak ke AS pada September 2017 silam. Malaysia Airlines sendiri tengah berupaya melakukan transformasi operasionalnya dan kembali meraup untung setelah dua tragedi pada tahun 2014.

Pesawat MH370 hilang hingga kini. Sementara itu, pesawat MH17 jatuh ditembak di wilayah Ukraina.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/12/093000026/lebarkan-sayap-bisnis-malaysia-airlines-berminat-beli-30-pesawat-berbadan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke