Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perlancar Arus Mudik, Jasa Marga Maksimalkan "Mobile Reader" di Gerbang Tol

Petugas nantinya akan membawa mobile reader dengan sistem jemput bola ke pengendara yang antre memasuki gerbang tol sehingga proses transaksi tidak perlu terpusat di gerbang tol.

"25 unit mobile reader kami siapkan," kata Direktur Utama Jasa Marga Desy Arryani saat menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2018 di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Jumat (13/4/2018).

Desy menjelaskan, dari total 25 unit mobile reader yang disiapkan, 7 di antaranya akan ditempatkan di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama. Kemudian 3 unit di GT Cikarang Barat, 5 unit di GT Pasteur, 5 unit di GT Cileunyi, 2 unit di GT Manyaran, dan 3 unit di GT Kamal 1.

Selain mempersiapkan mobile reader, Jasa Marga akan memaksimalkan gardu tol yang ada untuk memperlancar arus kendaraan baik saat mudik maupun balik. Adapun selain penanganan terhadap GT, Jasa Marga juga akan menyiapkan rest area temporer di tiap 10 kilometer pada jalur tol fungsional.

"Ruas (tol) fungsional yang dipakai satu jalur terdiri dari dua lajur. Jalur sebelahnya yang tidak dipakai (pengendara) kami dirikan rest area temporer, dengan toilet dan tempat sholat yang lebih luas," tutur Desy.

Pihaknya turut mengantisipasi potensi kepadatan di tiap-tiap rest area agar kejadian saat mudik tahun lalu tidak terulang. Antisipasi kepadatan dilakukan dengan memperbaiki manajemen serta flow masuk dan keluar kendaraan dari tiap rest area.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/13/124712526/perlancar-arus-mudik-jasa-marga-maksimalkan-mobile-reader-di-gerbang-tol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke