Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sambut Revolusi Industri 4.0, Pemerintah Genjot Pendidikan SDM Lokal

"Kita punya modal talent cukup besar karena universitas di dalam negeri ini sangat banyak. Jadi potensi ini cukup untuk menyongsong era digital dalam Revolusi Industri 4.0," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menghadiri Forum Merdeka Barat (FMB) di Gedung Kemenkominfo Jakarta Pusat, Senin (16/4/2018).

Kendati punya potensi besar, Airlangga merasa SDM lokal ini masih perlu didorong menggunakan pelatihan ilmu yang sesuai dengan ekonomi digital dalam Revolusi Industri 4.0.

Hal tersebut juga sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin mendorong pendidikan SDM lokal.

"Sesudah infrastruktur, Pak Presiden mendorong untuk pendidikan SDM. Tahun ini vokasinya akan digenjot kemudian setelah vokasi ada di level politeknik. Kemudian di Kemnakertrans juga ada re-skilling agar kebutuhan untuk skill baru dilakukan di pelatihan-pelatihan," jelas Airlangga.

Airlangga juga menambahkan, pihaknya akan mendorong perguruan-perguruan tinggi untuk membuka akses sebanyak-banyaknya terhadap Internet of Things (IoT) yang menjadi basis Revolusi Industri 4.0.

"Selain itu, perguruan tinggi juga akan didorong membuka mata kuliah-mata kuliah wajib berikutnya terkait digitalisasi seperti coding, kemudian masalah analisa data atau artificial intelligence atau statistik yang bisa menjadi kunci pengembangan SDM siap menyongsong era digitalisasi," papar dia.


https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/16/123901526/sambut-revolusi-industri-40-pemerintah-genjot-pendidikan-sdm-lokal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke