Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jalur Kereta KEK Sei Mangkei-Pelabuhan Kuala Tanjung Rampung Juli 2018

"Untuk jalur kereta dari Sei Mangkei ke Pelabuhan Kuala Tanjung itu kemungkinan Juli ini selesai," tutur Zulfikri di Gedung Kemenhub, Jakarta, Selasa (17/4/2018).

Jalur KA KEK Sei Mangkei-Pelabuhan Kuala Tanjung ini dibangun sepanjang 39,5 kilometer dan dibangun dalam beberapa tahap sejak 2011 silam.

Tahapan-tahapan itu di antaranya dari Sei Mangkei-Perlanaan sepanjang 2,95 kilometer. Kemudian Perlanaan-Gunung Bayu dengan panjang 4 kilometer dan Bandar Tinggi-Perlanaan sepanjang 15 kilometer serta Bandar Tinggi-Kuala Tanjung sepanjang 21,5 kilometer.

"Nah untuk sekarang ini tinggal Bandar Tinggi-Kuala Tanjung, hampir 80 persen saya kira. Juli ini bisa kita selesaikan," imbuh Zulfikri.

Zulfikri pun yakin dengan pengoperasian jalur KA KEK Sei Mangkei-Pelabuhan Kuala Tanjung akan memudahkan perjalanan logistik maupun orang dari dua lokasi tersebut.

"Dengan pengoperasian KA Sei Mangkei-Kuala Tanjung diharapkan bisa memiliki kapasitas angkut 750 ton sekali jalan per hari, menambah kapasitas lintas perjalanan KA menjadi 9 pp per hari dengan waktu tempuh 40 menit dari KEK Sei Mangkei ke Kuala Tanjung dan juga mengurangi beban jalan," pungkas Zulfikri.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/17/203000926/jalur-kereta-kek-sei-mangkei-pelabuhan-kuala-tanjung-rampung-juli-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke