Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BNI Belum Tentukan Bank untuk Diakuisisi

Baiquni menyebut, BNI masih terus mencari informasi terkait bank yang layak untuk diakuisisi pada tahun 2018 ini. Menurut dia, rencana aksi korporasi dengan mengakusisi bank berskala menengah ini direspon positif oleh beberapa bank.

Sebab, sebut Baiquni, ada beberapa bank yang menawarkan diri untuk diakuisisi, namun pihak BNI merasa belum cocok. Baiquni menyebut, kriteria bank yang akan diakuisisi oleh BNI harus bisa melengkapi fokus bisnis yang digarap BNI saat ini.

Sebagai informasi, BNI merupakan salah satu bank yang fokus menggarap segmen konsumer dan korporasi.

"Sudah ada tawaran-tawaran yang masuk tapi masih jauh dari harapan kita. Karena line bisnisnya harus melengkapi line bisnis kita. Kedua, harganya juga belum pas. Ada yang bagus bisnisnya tapi harganya gak masuk di kita," kata Baiquni dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (23/4/2018).

Sejauh ini, perseroan tidak memberikan informasi spesifik mengenai bank kelompok mana yang akan diakuisisi. Namun demikian, sebelumnya, pihaknya memberikan statement bahwa bank yang akan diakusisi adalah bank kelas menengah atau bank yang masuk kelompok BUKU II.

"Saya tidak lihat mau Bank BUKU I ataupun BUKU II, saya gak masalah, yang penting line bisnisnya harus sesuai dengan kita, tapi yang penting harganya. Kalau cocok kita akan pertimbangkan," ungkap Baiquni.

Untuk menyukseskan aksi korporasi dengan mengakusisi bank skala menengah tersebut, perseroan telah menyiapkan dana sebesar Rp 3 triliun. Dana itu juga akan digunakan untuk penyertaan modal kepada anak usahanya, salah satunya yakni BNI Syariah.

Sejak beberapa tahun terakhir BNI selalu memasang target pertumbuhan anorganik dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) yang telah diajukan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun demikian, menurut perseroan akuisisi bank bukan hal yang mudah.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/23/194015126/bni-belum-tentukan-bank-untuk-diakuisisi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke