Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Darmin: Jangan Terlalu Pusingkan Rencana Kenaikan Suku Bunga Acuan BI

Menurut Darmin, langkah tersebut merupakan hal yang wajar dilakukan oleh bank sentral untuk menghadapi situasi global.

"Ya itu kan bagian dari menghadapi situasi global, termasuk soal kurs jadinya ya biasalah," ujarnya di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jumat (27/4/2018).

Menko Perekonomian mengatakan naiknya suku bunga acuan adalah cara BI untuk menjawab persoalan yang sedang dihadapi Indonesia yang terkena dampak dari ketidakpastian kondisi perekonomian dunia.

Namun, di sisi lain dirinya juga menegaskan agar semua pihak tidak terlalu memusingkan persoalan naiknya suku bunga.

"Tidak usah dianggap terlalu banyak masalah. Kondisi ini jangan dianggap akhir dari semuanya, kan masih panjang prosesnya," tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo melalui konferensi pers menjelaskan kemungkinan naiknya suku bunga acuan jika tekanan terhadap rupiah terus berlangsung dan dapat mengganggu stabilitas sistem keuangan pada Kamis (27/4/2018).

Tekanan terhadap rupiah dipicu oleh menguatnya mata uang dolar AS yang juga berimbas kepada mata uang lain. Selain itu, pelemahan ini juga didorong perilaku antisipatif pelaku pasar global menanggapi kenaikan Fed Fund Rate yang diprediksi akan terjadi hingga empat kali tahun ini.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/27/133128026/menko-darmin-jangan-terlalu-pusingkan-rencana-kenaikan-suku-bunga-acuan-bi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke