Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Gandeng Perguruan Tinggi untuk Perdalam Pasar Keuangan Syariah

"Kita ajak juga pelaku ekonomi syariah, peneliti, untuk hadir dan memperkenalkan ekonomi syariah," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (5/2/2018).

Selain menggandeng kampus dan akademisi, BI juga mengajak Kementerian Agama serta Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi untuk upaya pendalaman pasar lewat ceruk ekonomi syariah ini.

Sebagai langkah pengembangan itu, BI fokus pada tiga hal, yaitu pilar pemberdayaan ekonomi syariah; pilar pendalaman pasar keuangan syariah; dan pilar riset, asesmen, serta edukasi ekonomi dan keuangan syariah.

Pilar pemberdayaan difokuskan pada pengembangan sektoral usaha syariah. Kelompok usaha syariah baik mikro, kecil, menengah, maupun lembaga pendidikan Islam diajak ikut serta melakukan program pemberdayaan ekonomi.

Adapun pilar pendalaman pasar dilakukan dengan meningkatkan dan mengelola likuiditas serta pembiayaan syariah. Pilar ini juga bakal melakukan sinergitas dengan zakat, infak, sedekah, dan wakaf.

"Untuk pendalaman pasar, BI juga kerja sama dengan Islamic Development Bank (IDB), Baznas, dan Badan Wakaf Indonesia, melakukan program pengembangan kerangka governance sektor keuangan sosial syariah," papar Agus.

Sementara itu, untuk riset dan edukasi dilakukan dengan penyediaan sumber daya andal, profesional, dan berdaya saing internasional. Untuk menciptakan sumber das yang andal, BI akan turut serta menyediakan buku referensi dan buku ajar untuk memperkaya kurikulum studi ekonomi dan keuangan syariah.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/02/201445526/bi-gandeng-perguruan-tinggi-untuk-perdalam-pasar-keuangan-syariah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke