Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Klaim Aman "Stressed Test" Kurs Rupiah Rp 20.000 per Dollar AS Dinilai Berbahaya

"Soal statemen OJK saya anggap berbahaya karena bisa mengarahkan sentimen pasar ke (kurs) Rp 20.000 per dollar AS," kata Ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (4/5/2018).

Wimboh pada konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan, Senin (30/4/2018), menyebutkan, OJK telah melakukan stressed test berupa simulasi yang menguji ketahanan permodalan perbankan bila kurs rupiah terus melemah bahkan ke level Rp 20.000 per dollar AS.

Hasil dari pengujian itu, menurut Wimboh mendapati permodalan perbankan masih aman pada nilai kurs tersebut. Pada forum yang sama, Ketua KSSK yang juga Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati langsung menepis bukan berarti kondisi kurs tersebut diharapkan meski hasil simulasi aman.

Menurut Bhima, sebelumnya sudah pernah juga terjadi kejadian serupa. Pada waktu itu, lembaga pemeringkat Standard and Poor's (S&P) menyampaikan bahwa stressed test dilakukan dengan asumsi rupiah tembus Rp 15.000 per dollar AS.

Usai pernyataan S&P ramai di media, investor melakukan antisipasi dengan memborong dollar AS dan melepas rupiah, meski nilai tukarnya belum mencapai Rp 15.000.

Bhima berpendapat, saat ini yang paling penting seharusnya adalah menjaga keyakinan (confidence) dan sentimen positif pasar. Meski yang disebut Wimboh adalah dalam konteks stressed test—uji ketahanan sistem perbankan—perlu juga dipikirkan dampak psikologis yang akan mempengaruhi pengusaha, spekulan, dan masyarakat pada umumnya.

"Jadi, sebaiknya stressed test tidak perlu dipublikasikan. Kita butuh confidence, jangan dirusak dengan statemen yang menggiring psikologis investor," tegas Bhima.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/04/182812026/klaim-aman-stressed-test-kurs-rupiah-rp-20000-per-dollar-as-dinilai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke