Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panitia Asian Games 2018 Terapkan Sistem Bagi Hasil dengan Partner Merchandise

Direktur Merchandise Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Mochtar Sarman mengatakan, biaya produksi ditanggung masing-masing pemegang lisensi merchandise. Keuntungannya akan dibagi-bagi tergantung hasil penjualan.

"Kami benar-benar kerja sama dengan partner kami, profit sharing. Hopefully bisa sebanyak mungkin," ujar Mochtar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (30/5/2018).

Menurut Mochtar, dalam sejarah olahraga Indonesia baru kali pertama ini produksi souvenir ditopang oleh masing-masing produsen. Sejauh ini, ada 17 lisensi resmi yang memproduksi souvenir khas Asian Games.

Partner tersebut juga harus membayar royalty ke Inasgoc sebagai panitia pelaksana event Asian Games 2018. Besarannya, tergantung produk yang dipasarkan.

"Tiap kategori eksklusif dan mendapatkan hak menggunakan logo di desain mereka," kata Mochtar.

Mochtar mengatakan, panitia tak menargetkan berapa pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan suvenir Asian Games. Panitia beserta partner saat ini fokus bagaimana mendistribusikan dan memasarkan produk mereka seluas-luasnya.

"Kita akan fokus dulu untuk mendeliver produk sebanyak mungkin sebelum event start. Soal target, saya tidak akan ke sana," kata dia.

Adapun produk yang dipasarkan beragam, mulai dari kipas, tas, kaos, boneka, makanan, hingga perlengkapan mandi. Kisaran harganya beragam juga, mulai dari Rp 15.000 hingga belasan juta rupiah.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/30/215159626/panitia-asian-games-2018-terapkan-sistem-bagi-hasil-dengan-partner

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke