Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Stok Ikan di Palembang Memadai Jelang Lebaran, tetapi Harga Naik Tipis

"Memang ada kenaikan harga Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per kilogram khusus untuk ikan laut. Kenaikan ini dikarenakan ikan laut lebih banyak didatangkan dari wilayah Jakarta, Lampung, dan Bengkulu," kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (31/5/2018).

Menurut Slamet, kenaikan hanya didapati pada jenis ikan laut. Sementara untuk ikan air tawar tidak ada kenaikan harga, karena mendapat banyak suplai dari Palembang dan daerah lain di Sumatera Selatan, seperti Kabupaten Ogan Komering Ilir, Musirawas, Oku Timur, dan Musi Banyuasin.

Meski ada kenaikan harga, menurut Slamet hal tersebut masih dalam batas yang wajar dan tetap terjangkau untuk masyarakat. Pihaknya memastikan stok ikan tetap aman sepanjang bulan puasa hingga Lebaran pada pertengahan Juni mendatang.

"Stabilisasi pangan berbasis ikan, utamanya sepanjang Ramadan, menjadi mutlak sehingga perlu monitoring secara rutin untuk memastikan sistem logistik berjalan efektif," tutur Slamet.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/31/154300226/stok-ikan-di-palembang-memadai-jelang-lebaran-tetapi-harga-naik-tipis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke