Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jepang Pertimbangkan Usul Pembebasan Bea Masuk Produk Perikanan dari RI

Upaya tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan daya saing produk perikanan Indonesia, di mana negara sekawasan sudah dibebaskan bea masuknya oleh Jepang.

"Tolong dipertimbangkan Jepang agar Indonesia juga dibebaskan tarif bea masuk. Selama ini, kami masih dikenakan tarif bea masuk 7 persen," kata Susi kepada Taro, seperti disampaikan melalui keterangan resmi, Jumat (1/6/2018).

Jepang sudah membebaskan tarif bea masuk produk perikanan dari Thailand dan Vietnam. Padahal, menurut Susi, Indonesia juga pantas mendapatkan pembebasan bea masuk karena pihaknya telah gencar menindak illegal fishing dibandingkan dua negara tersebut.

Susi juga memandang, jika bea masuk diberikan, maka pengusaha asal Jepang ikut diuntungkan, sehingga bisa meningkatkan bisnis industri pengolahan hasil laut. Menanggapi hal tersebut, Tano mengungkapkan pihaknya akan mempertimbangkan usulan tersebut.

"Saat ini, kami sedang melakukan review terhadap kebijakan perdagangan Jepang dan Indonesia. Saya juga akan panggil Menteri Pertanian untuk menanyakan hal tersebut," tutur Tano.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/06/01/104500726/jepang-pertimbangkan-usul-pembebasan-bea-masuk-produk-perikanan-dari-ri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke